Connect with us

Uncategorized

ADAPTASI DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERKINI, PRAJURIT KOLINLAMIL BERLATIH APLIKASI C3S

ADAPTASI DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI TERKINI, PRAJURIT KOLINLAMIL BERLATIH APLIKASI C3S Jakarta, 20 November 2021 —— Satya Wira Jala Dharma. Prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti latihan operasi matra laut pusat komando pengendalian (Puskodal) triwulan IV 2021. Latihan yang diselenggarakan Puskodal Kolinlamil ini berlangsung di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (19/11). Latopsmatla Puskodal ini diikuti sekitar 50 prajurit yang berlatih tentang teknologi informasi, network centric warfare, sistem keamanan jaringan computer, kebijakan pemerintah terkait teknologi telematika dan aplikasi Command Control Center System (C3S). Aplikasi Command Control Center System (C3S) merupakan software sistem informasi perpaduan dari rangkaian kegiatan pendeteksian, pengamatan dan pengawasan wilayah perairan yurisdiksi nasional mulai unsur-unsur KRI yang melaksanakan operasi dan Ground Situation atau situasi satuan-satuan dibawahnya. Sistem informasi C3C sangat erat hubungannya dengan peralatan-peralatan deteksi dan sistem jaringan komunikasi utamanya komunikasi data. “Latihan ini untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dalam menghadapi teknologi informasi dan jaringannya serta mengoperasikan aplikasi sistem pusat komando dan pengendalian atau Command Control Center System” ujar Kapuskodal Kolinlamil Letkol Laut (P) Ferry Anton. Sedangkan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma disela-sela waktunya mengatakan sesuai dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk selalu meningkatkan kemampuan dan kecakapan serta profesionalisme prajurit dalam penguasaan Alutsista. “Untuk mencapai sasaran latihan, agar prajurit yang mengikuti latihan untuk memaksimalkan kemampuan secara teknis maupun taktis” tegasnya. Dalam latihan tersebut, materi-materi yang disampaikan juga disampaikan oleh para perwira dari Dinas Informasi dan Pengolahan Data (Disinfolahta) Kolinlamil. Materi yang disampaikan diantaranya pengenalan aplikasi C3S beserta tampilan aplikasinya, input data aplikasi C3S dan praktek penggunaan aplikasi C3S.(Dispen kolinlamil)Jakarta, 20 November 2021 —— Satya Wira Jala Dharma. Prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti latihan operasi matra laut pusat komando pengendalian (Puskodal) triwulan IV 2021.
Latihan yang diselenggarakan Puskodal Kolinlamil ini berlangsung di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (19/11).

Latopsmatla Puskodal ini diikuti sekitar 50 prajurit yang berlatih tentang teknologi informasi, network centric warfare, sistem keamanan jaringan computer, kebijakan pemerintah terkait teknologi telematika dan aplikasi Command Control Center System (C3S).

Aplikasi Command Control Center System (C3S) merupakan software sistem informasi perpaduan dari rangkaian kegiatan pendeteksian, pengamatan dan pengawasan wilayah perairan yurisdiksi nasional mulai unsur-unsur KRI yang melaksanakan operasi dan Ground Situation atau situasi satuan-satuan dibawahnya.

Sistem informasi C3C sangat erat hubungannya dengan peralatan-peralatan deteksi dan sistem jaringan komunikasi utamanya komunikasi data.

“Latihan ini untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dalam menghadapi teknologi informasi dan jaringannya serta mengoperasikan aplikasi sistem pusat komando dan pengendalian atau Command Control Center System” ujar Kapuskodal Kolinlamil Letkol Laut (P) Ferry Anton.

Sedangkan Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma disela-sela waktunya mengatakan sesuai dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. untuk selalu meningkatkan kemampuan dan kecakapan serta profesionalisme prajurit dalam penguasaan Alutsista.

“Untuk mencapai sasaran latihan, agar prajurit yang mengikuti latihan untuk memaksimalkan kemampuan secara teknis maupun taktis” tegasnya.

Dalam latihan tersebut, materi-materi yang disampaikan juga disampaikan oleh para perwira dari Dinas Informasi dan Pengolahan Data (Disinfolahta) Kolinlamil.
Materi yang disampaikan diantaranya pengenalan aplikasi C3S beserta tampilan aplikasinya, input data aplikasi C3S dan praktek penggunaan aplikasi C3S.(Dispen kolinlamil)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Nasional

BK KELAPA GADING DISKES LANTAMAL III JAKARTA TERUS VAKSIN WARGA Dispen Lantamal3,- Lantamal III Jakarta melalui Balai Kesehatan Kelapa Gading Diskes Lantamal III yang merupakan salah satu vaksinator tetap Lantamal III Jakarta diwilayah Jakarta Utara, dengan terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 kepada Masyarakat umum, Keluarga Besar TNI AL dan Militer,Kamis (12/05/2022). Lantamal III mempermudah pelayanan vaksinasi covid-19 khususnya yang berada di daerah kelapa gading dan sekitarnya. Dengan melayani vaksinasi lanjutan dosis 3 dengan suntik vaksin Astrazeneca dan sinovak berhasil memvaksin 13 orang Kegiatan ini sangat efektif dalam percepatan pemberian vaksin covid-19 sesuai perintah Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar seluruh Jajaran TNI AL melaksanakan serta mendukung program pemerintah dalam vaksinasi nasional guna membentuk Herd Immunity di masyarakat Indonesia dengan memberikan vaksin yang berkualitas secara gratis, aman dan halal dan aman. Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P.M.Tr. Opsla., CHRMP. mengatakan,” Kita sebagai salah satu unsur pelayanan di masyarakat, tidak akan berhenti disini saja dalam mendukung program pemerintah yang sangat positip ini, namun Lantamal III dan Jajarannya akan terus mengupayakan pelayanan-pelayanan vaksin gratis, aman dan halal diberbagai wilayah kerjanya dengan membuka gerai vaksin siaga yang berkualitas dan aman guna mengentaskas pemberian vaksin covid-19 yang bermutu,” ungkapnya.

More in Uncategorized