Connect with us

Uncategorized

KOLINLAMIL SOSIALISASIKAN KESELAMATAN PELAYARAN UNTUK NELAYAN MUARA TAWAR

KOLINLAMIL SOSIALISASIKAN KESELAMATAN PELAYARAN UNTUK NELAYAN MUARA TAWAR Jakarta, 10 November 2021 —— Satya Wira Jala Dharma. Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar sosialisasi dan latihan ketrampilan keselamatan pelayaran. Kegiatan yang dilaksanakan di Tempat Pelelangan Ikan Paljaya, Muara Tawar, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Rabu (10/11). Dalam kesempatan tersebut, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggandeng Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, UPTD TPI Paljaya dan Pokmas Hiu Paljaya. Kolinlamil bersinergi pula dengan stakeholder maritime lainnya sebagai bentuk implementasi pelaksanaan tugas pembinaan angkutan laut nasional (anglanas) Kolinlamil. Dalam kesempatan ini kegiatan yang dilakukan adalah mensosialisasikan dan melatih ketrampilan keselamatan pelayaran kepada masyarakat nelayan. “Sosialisasi ini sebagai sarana membangun silaturahmi antar instansi maritim dengan masyarakat pesisir sebagai bagian dari bentuk ketahanan Negara. Karena dengan ini dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk mendapatkan masukan dalam rangka terus meningkatkan pembangunan didaerah pesisir” ujar Asisten Personel Kolonel Laut (E) Rendra Feronika yang mewakili Panglima Kolinlamil. Keselamatan dalam pelayaran merupakan hal penting, sehingga tujuan utama dari sosialisasi dan latihan ketrampilan keselamatan pelayaran ini agar memahami dan mengerti tentang resiko dan bahaya yang dihadapi selama dilaut. Selain itu, untuk pengawak kapal atau perahu wisata dapat memahami dan memperhatikan keselamatan penumpang dengan memperhatikan rambu-rambu maupun tanda navigasi yang dilengkapi dengan peralatan keselamatan. Dalam kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran ini disampaikan beberapa hal antara lain kelaikan track pelayaran, kelengkapan dokumen kapal, serta keselamatan navigasi dan prosedur komunikasi. Selain itu juga dilakukan drill atau latihan penanggulangan kebakaran, kebocoran, tak luput pula pengecekan kelengkapan alat-alat keselamatan seperi Life jacket atau life craft. “Kami juga menekankan agar pengawak kapal memperhatikan kondisi cuaca pada saat akan melaksanakan pelayaran serta mencatat nomor darurat dari instansi yang berwenang termasuk Pangkalan/Pos Angkatan Laut terdekat yang bisa dihubungi apabila terjadi permasalahan di laut,” jelas Aspotmar Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara yang mengomandani kegiatan ini. Disamping kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran, Kolinlamil juga terus kebut serbuan vaksinasi untuk masyarakat pesisir Muara Tawar dengan dosis untuk 200 warga. (Dispen Kolinlamil)Jakarta, 10 November 2021 —— Satya Wira Jala Dharma. Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar sosialisasi dan latihan ketrampilan keselamatan pelayaran. Kegiatan yang dilaksanakan di Tempat Pelelangan Ikan Paljaya, Muara Tawar, Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Rabu (10/11).

Dalam kesempatan tersebut, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggandeng Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, UPTD TPI Paljaya dan Pokmas Hiu Paljaya.
Kolinlamil bersinergi pula dengan stakeholder maritime lainnya sebagai bentuk implementasi pelaksanaan tugas pembinaan angkutan laut nasional (anglanas) Kolinlamil.

Dalam kesempatan ini kegiatan yang dilakukan adalah mensosialisasikan dan melatih ketrampilan keselamatan pelayaran kepada masyarakat nelayan.

“Sosialisasi ini sebagai sarana membangun silaturahmi antar instansi maritim dengan masyarakat pesisir sebagai bagian dari bentuk ketahanan Negara. Karena dengan ini dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk mendapatkan masukan dalam rangka terus meningkatkan pembangunan didaerah pesisir” ujar Asisten Personel Kolonel Laut (E) Rendra Feronika yang mewakili Panglima Kolinlamil.

Keselamatan dalam pelayaran merupakan hal penting, sehingga tujuan utama dari sosialisasi dan latihan ketrampilan keselamatan pelayaran ini agar memahami dan mengerti tentang resiko dan bahaya yang dihadapi selama dilaut.

Selain itu, untuk pengawak kapal atau perahu wisata dapat memahami dan memperhatikan keselamatan penumpang dengan memperhatikan rambu-rambu maupun tanda navigasi yang dilengkapi dengan peralatan keselamatan.

Dalam kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran ini disampaikan beberapa hal antara lain kelaikan track pelayaran, kelengkapan dokumen kapal, serta keselamatan navigasi dan prosedur komunikasi. Selain itu juga dilakukan drill atau latihan penanggulangan kebakaran, kebocoran, tak luput pula pengecekan kelengkapan alat-alat keselamatan seperi Life jacket atau life craft.

“Kami juga menekankan agar pengawak kapal memperhatikan kondisi cuaca pada saat akan melaksanakan pelayaran serta mencatat nomor darurat dari instansi yang berwenang termasuk Pangkalan/Pos Angkatan Laut terdekat yang bisa dihubungi apabila terjadi permasalahan di laut,” jelas Aspotmar Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara yang mengomandani kegiatan ini.

Disamping kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran, Kolinlamil juga terus kebut serbuan vaksinasi untuk masyarakat pesisir Muara Tawar dengan dosis untuk 200 warga. (Dispen Kolinlamil)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized