Connect with us

Nasional

Komandan Lanal Bandung Bertindak Sebagai Narasumber FGD Penyusunan Naskah Kebijakan Terkait Strategi Pertahanan indonesia

Bandung,- Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., menghadiri
Undangan dari Sekretariat Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan dan sebagai Narasumber FGD dalam rangka Penyusunan Naskah Kebijakan tentang Strategi Pertahanan Indonesia 25 Tahun ke depan di Kawasan BRIN Bandung Cisitu, Jalan Sangkuriang Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Senin (23/05/2022).

Maksud dan tujuan sebagai narasumber FGD dalam rangka Penyusunan Naskah Kebijakan tentang Strategi Pertahanan Indonesia 25 tahun ke depan agar mendapatkan pandangan dari pelaku Industri Pertahanan terkait kebijakan MEF saat ini dan supaya memperoleh masukan dari narasumber untuk perkembangan Alutsista Indonesia serta gambaran lengkap terkait kondisi Pertahanan Indonesia saat ini sehingga hasil dari kegiatan ini dapat memperoleh data dan informasi terkait kajian kebijakan Minimun Essentials Force dalam menyikapi tentang isu-isu ancaman baru kawasan Asia Pasifik.

Komandan Lanal Bandung dalam paparannya terlebih dahulu memperkenalkan dan menyampaikan tentang wilayah kerja Lanal Bandung yang merupakan Lanal Tipe B dimana wilayah kerjanya meliputi Pantai Selatan Jawa Barat antara Pantai Palabuhanratu sampai Pantai Pangandaran yang membawahi dua Pos TNI AL yaitu Pos TNI AL Palabuhanratu dan Pos TNI AL Pangandaran. Lanal Bandung merupakan Forkopimda Plus yaitu meliputi Forkopimda Provinsi Jabar dan Forkopimda Kota serta Kabupaten di jajaran Provinsi Jawa Barat.

Tugas pokok TNI AL/Lanal Bandung dalam hal ini sebagai Matra Laut dibidang Pertahanan TNI AL/ Lanal Bandung harus memiliki kemampuan untuk memproyeksikan kekuatan ke darat baik bersifat tempur maupun administrasi. Penegakan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut sesuai dengan hukum nasional dan internasional, melaksanakan tugas diplomasi angkatan dalam rangka dukungan kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan pemerintah, melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra laut, kemampuan Dawilhanla dimana TNI harus memiliki kemampauan Binpotmar untuk digunakan sebagai komponen dukungan atau cadangan, melaksanakan Tugas Matra Laut di bidang pertahanan dan pengawasan dan pengendalian terhadap pembangunan MET yang diselenggarakan melalui pengawasan pengendalian secara internal dan eksternal oleh pemangku kepentingan serta pokok-pokok Kebijakan meliputi kebijakan perencanaan dan kebijakan penyelenggaraan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain David Yalobus (Unhan RI), Okki Navarone.W (Brin), I.G.N. Sudira (PT. DI), Yuna Yuana (PT. DI), Malana Kharima (PT. PINDAD), FISIP Unpad, Mayor Okie Hartanto (Lanud Husein Sastranegara Bandung), PgS. Kaurminpers Lanal Bandung.

(Pen Lanal Bandung)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional