Connect with us

Uncategorized

KRI BANJARMASIN-592 LAKSANAKAN LATIHAN PERAN DOCKING UNDOCKING DUKUNG TUGAS KOLINLAMIL

*KRI BANJARMASIN-592 LAKSANAKAN LATIHAN PERAN DOCKING UNDOCKING DUKUNG TUGAS KOLINLAMIL* Jakarta, 26 Desember 2021 —— Usai melaksanakan tugas mendukung angkutan laut militer Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Papua sektor Utara, KRI Banjarmasin-592 kembali menuju pangkalan Surabaya. Saat akan sandar di Dermaga Madura Tengah, KRI Banjarmasin-592 melakukan peran docking undocking, Minggu (26/12). Peran docking undocking ini dilakukan untuk menurunkan Landing Craft Unit (LCU) yang akan digeser ke Divisi Pantai Koarmada II. Selanjutnya KRI Banjarmasin-592 akan menerima perintah berlayar kembali untuk melaksanakan tugas pergeseran pasukan dan material sesuai fungsi asasinya. KRI Banjarmasin-592 yang dikomandani Letkol Laut (P) Bambang Purnomo mengarahkan para prajuritnya sesuai dengan peran masing-masing. Diawali dengan pengawak alat dan material docking. Selanjutnya pengawak memulai peran docking undocking dengan membuka rampa, membuka stern ramp door 10 derajat. Selanjutnya dilakukan penggenangan dockwell dan penutupan pintu IBHD. selanjutnya Tim LCU (Landing Craft Unit) menempati LCU, penggenangan dockwell selesai, stern ramp terbuka 100 derajat, dan LCU siap keluar kapal. “Peran docking/undocking dan pengoperasian LCU tersebut untuk pemantapan kondisi teknis dalam rangka mendukung tugas Kolinlamil” jelas Letkol Laut (P) Bambang Purnomo. Dari Mako Kolinlamil, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma menginstruksikan unsur-unsur KRI jajaran Kolinlamil untuk selalu mengikuti Standar Operasional Prosedur dalam melaksanakan peran-peran di KRI guna meminimalkan kemungkinan terjadinya hal-hal yang dapat menyebabkan kerugian personel maupun materiel. “Para prajurit agar dapat memahami dasar prosedur dalam melaksanakan Docking Undocking dan dapat memahami metode dalam melaksanakan tugas sesuai SOP serta tercapainya pola pikir dan pola tindakan yang sama antar prajurit” ujar Panglima Kolinlamil. (Dispen Kolinlamil)Jakarta, 26 Desember 2021 —— Usai melaksanakan tugas mendukung angkutan laut militer Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Papua sektor Utara, KRI Banjarmasin-592 kembali menuju pangkalan Surabaya. Saat akan sandar di Dermaga Madura Tengah, KRI Banjarmasin-592 melakukan peran docking undocking, Minggu (26/12).

Peran docking undocking ini dilakukan untuk menurunkan Landing Craft Unit (LCU) yang akan digeser ke Divisi Pantai Koarmada II. Selanjutnya KRI Banjarmasin-592 akan menerima perintah berlayar kembali untuk melaksanakan tugas pergeseran pasukan dan material sesuai fungsi asasinya.

KRI Banjarmasin-592 yang dikomandani Letkol Laut (P) Bambang Purnomo mengarahkan para prajuritnya sesuai dengan peran masing-masing. Diawali dengan pengawak alat dan material docking. Selanjutnya pengawak memulai peran docking undocking dengan membuka rampa, membuka stern ramp door 10 derajat.

Selanjutnya dilakukan penggenangan dockwell dan penutupan pintu IBHD. selanjutnya Tim LCU (Landing Craft Unit) menempati LCU, penggenangan dockwell selesai, stern ramp terbuka 100 derajat, dan LCU siap keluar kapal.

“Peran docking/undocking dan pengoperasian LCU tersebut untuk pemantapan kondisi teknis dalam rangka mendukung tugas Kolinlamil” jelas Letkol Laut (P) Bambang Purnomo.

Dari Mako Kolinlamil, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma menginstruksikan unsur-unsur KRI jajaran Kolinlamil untuk selalu mengikuti Standar Operasional Prosedur dalam melaksanakan peran-peran di KRI guna meminimalkan kemungkinan terjadinya hal-hal yang dapat menyebabkan kerugian personel maupun materiel.

“Para prajurit agar dapat memahami dasar prosedur dalam melaksanakan Docking Undocking dan dapat memahami metode dalam melaksanakan tugas sesuai SOP serta tercapainya pola pikir dan pola tindakan yang sama antar prajurit” ujar Panglima Kolinlamil. (Dispen Kolinlamil)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized