Connect with us

Uncategorized

TNI AL dan India Navy Siap Gelar Patroli Terkoordinasi Tahun 2022

TNI AL dan India Navy Siap Gelar Patroli Terkoordinasi Tahun 2022 Jakarta, 20 Desember 2021,- Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut India (Indian Navy) sepakat untuk meneruskan dan meningkatkan kerja sama yang sudah berjalan selama ini di tahun 2022 mendatang seperti Patroli Terkoordinasi TNI AL-India Navy (IN), Latihan Samudra Shakti, pendidikan dan kursus, serta saling kunjung para pejabat Angkatan Laut terlepas dari kondisi pandemi Covid-19. Kesepakatan tersebut disampaikan saat menggelar pertemuan Virtual Staff Interaction – Working Group Discussion, bertempat di Hotel Avenzel, Cibubur, Senin (20/12). Pertemuan ini sekaligus dalam rangka menjaga hubungan kerja sama di bidang militer, TNI AL dan Indian Navy (IN). Dalam pertemuan tersebut, TNI AL dipimpin Head of Delegation (HoD) Wakil Asisten Operasi Kasal, Laksamana Pertama TNI Wasis Priyono, S.T., M.Tr(Han) didampingi Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal, Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan, S.E., M.Sc., beserta Perwira Staf. Sedangkan pihak IN bertindak selaku HoD Commodore Shantanu Jhaw, Director Of Foreign Cooperation Indian Navy beserta Perwira Staf IN. Laksma TNI Wasis pada pembukaan pertemuan menyampaikan ucapan terima kasih kepada IN atas komitmennya dalam menyelenggarakan pertemuan bilateral ini di tengah pandemi covid-19. Hubungan pertahanan yang baik antara TNI Angkatan Laut dan Indian Navy telah berjalan selama bertahun-tahun serta meliputi kegiatan yang semakin luas jangkauannya. “Kita telah memiliki banyak perjanjian dan kerja sama yang baik untuk meningkatkan dan memperkuat hubungan antara Angkatan Laut, seperti kerja sama dalam bidang operasi dan latihan, pendidikan dan pelatihan, kunjungan kapal serta kunjungan perwira tinggi yang dirasa sangat bermanfaat,” tuturnya. Indian Navy menyampaikan akan menjadi tuan rumah dalam pertemuan Navy To Navy Staff Talks ke 11 antara TNI Angkatan Laut dan Indian Navy pada tahun 2022 dan akan menyambut tim TNI Angkatan Laut untuk melihat fasilitas International Fusion Center – Indian Ocean Region (IFC-IOR) di India. Forum ini merupakan wujud aplikasi peran TNI AL dalam bidang diplomasi sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dan arahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam Rapat Pimpinan TNI AL 2021 yaitu meningkatkan diplomasi TNI AL. Hadir pula dalam kegiatan ini perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Puskersin TNI, serta Atase Pertahanan RI di New Delhi, India. Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan LautJakarta, 20 Desember 2021,- Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut India (Indian Navy) sepakat untuk meneruskan dan meningkatkan kerja sama yang sudah berjalan selama ini di tahun 2022 mendatang seperti Patroli Terkoordinasi TNI AL-India Navy (IN), Latihan Samudra Shakti, pendidikan dan kursus, serta saling kunjung para pejabat Angkatan Laut terlepas dari kondisi pandemi Covid-19.

Kesepakatan tersebut disampaikan saat menggelar pertemuan Virtual Staff Interaction – Working Group Discussion, bertempat di Hotel Avenzel, Cibubur, Senin (20/12). Pertemuan ini sekaligus dalam rangka menjaga hubungan kerja sama di bidang militer, TNI AL dan Indian Navy (IN).

Dalam pertemuan tersebut, TNI AL dipimpin Head of Delegation (HoD) Wakil Asisten Operasi Kasal, Laksamana Pertama TNI Wasis Priyono, S.T., M.Tr(Han) didampingi Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal, Kolonel Laut (P) Bambang Dharmawan, S.E., M.Sc., beserta Perwira Staf. Sedangkan pihak IN bertindak selaku HoD Commodore Shantanu Jhaw, Director Of Foreign Cooperation Indian Navy beserta Perwira Staf IN.

Laksma TNI Wasis pada pembukaan pertemuan menyampaikan ucapan terima kasih kepada IN atas komitmennya dalam menyelenggarakan pertemuan bilateral ini di tengah pandemi covid-19. Hubungan pertahanan yang baik antara TNI Angkatan Laut dan Indian Navy telah berjalan selama bertahun-tahun serta meliputi kegiatan yang semakin luas jangkauannya. “Kita telah memiliki banyak perjanjian dan kerja sama yang baik untuk meningkatkan dan memperkuat hubungan antara Angkatan Laut, seperti kerja sama dalam bidang operasi dan latihan, pendidikan dan pelatihan, kunjungan kapal serta kunjungan perwira tinggi yang dirasa sangat bermanfaat,” tuturnya.

Indian Navy menyampaikan akan menjadi tuan rumah dalam pertemuan Navy To Navy Staff Talks ke 11 antara TNI Angkatan Laut dan Indian Navy pada tahun 2022 dan akan menyambut tim TNI Angkatan Laut untuk melihat fasilitas International Fusion Center – Indian Ocean Region (IFC-IOR) di India.

Forum ini merupakan wujud aplikasi peran TNI AL dalam bidang diplomasi sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dan arahan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam Rapat Pimpinan TNI AL 2021 yaitu meningkatkan diplomasi TNI AL.

Hadir pula dalam kegiatan ini perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Puskersin TNI, serta Atase Pertahanan RI di New Delhi, India.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized