Connect with us

Nasional

TNI AL LANAL LHOKSEUMAWE LATIHAN MENEMBAK, ASAH NALURI TEMPUR PRAJURIT

Aceh Utara,- Untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe melaksanakan latihan tembak tempur defensif menggunakan senjata laras panjang jenis SS1 V1 dan senjata serbu AK 47 di Lapangan Tembak Detasemen Arhanud-001/CSBY, Jalan KKA KM 1,6 Pulo Rungkom, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Kamis, (19/5/2022).

Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah menjelaskan bahwa latihan menembak dalam rangka menghadapi Uji Trampil Glagaspur Tingkat I dan Tingkat 2 (P1-P2) Tahun 2022, merupakan untuk menilai sejauh mana perkembangan kemampuan prajurit Lanal Lhokseumawe, baik individu maupun kelompok, maka demi meningkatan kemampuan ini harus dibina serta dikembangkan secara terprogram dan berkesinambungan.

Palaksa Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (KH) Irfan Hasibuan sebagai Palaklat pimpin langsung materi latihan teknik tembak tempur defensif dengan jarak sedang menggunakan senjata laras panjang jenis SS1 V1 dan senjata serbu AK 47 dengan sasaran tembak/skip 100 meter, dengan sikap tiarap, duduk dan berdiri.

Latihan ini merupakan Program TNI AL dan sesuai direktif Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, mengenai keprofesionalan prajurit serta agenda tetap dalam program kerja rutin dalam pembinaan satuan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak prajurit TNI AL.

Sebelum pelaksanaan latihan Tembak Tempur Defensif, seluruh prajurit Lanal Lhokseumawe menerima arahan dari Tim Pelatih tentang pengamanan penggunaan senjata maupun pamakaian, agar para pelaku penembak tetap menjaga keamanan materiil maupun personil sesuai SOP yang berlaku di TNI AL.

Danlanal Lhokseumawe juga menegaskan, bahwa latihan menembak bukan hanya sekedar melaksanakan latihan rutin semata, namun setiap prajurit harus mampu meningkatkan keterampilan menembak, agar para prajurit Lanal Lhokseumawe lebih baik dan profesional dan tidak lupa akan jati dirinya sebagai Prajurit TNI, karena kesiapan tempur prajurit sangat penting untuk dijaga, agar Lanal Lhokseumawe dapat menjalankan tugas pokoknya dengan dedikasi yang tinggi dalam rangka menjaga Kedaulatan NKRI.

Kemampuan menembak merupakan hal mutlak yang harus dimiliki oleh setiap personel TNI Angkatan Laut Lhokseumawe sehingga harus selalu dipelihara dan ditingkatkan terus menerus secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan, dikarenakan salah satu profesionalisme yang dimiliki seorang prajurit TNI AL adalah kemahiran dalam menggunakan senjata serta untuk menunjang keberhasilan kegiatan operasi militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Rangkaian pelaksanakan Latihan menembak secara teknik Tembak Tempur Defensif adalah dalam rangka Latihan menghadapi penilaian Uji Gladi Tugas Tempur TA. 2022 yang diikuti Palaksa Letkol Laut (KH) Irfan Hasibuan, Pasintel Mayor Marinir Darmo Sugiyono, Dandenpomal Kapten Laut (PM) Budiansyah, Pgs. Pasminlog Kapten Laut (T) Aswandi J, Perwira Staf, Prajurit Bintara dan Tamtama Lanal Lhokseumawe.

(Pen Lanal LSE)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional