Connect with us

Uncategorized

TNI AL Lanal TBA Secara Terpadu Menangani Pekerja Migran Indonesia Ilegal Yang Hilang di Laut Perbatasan

*TNI AL Lanal TBA Secara Terpadu Menangani Pekerja Migran Indonesia Ilegal Yang Hilang di Laut Perbatasan* Tanjung Balai, 27 Desember 2021,– Bertempat di Mako Polres Tanjung Balai, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, melaksanakan Rapat terpadu tentang adanya informasi Kapal Tenggelam yang membawa Pekerja Migran Indonesia (PMI) Ilegal di laut perbatasan Indonesia dan Malaysia. Berawal dari informasi masyarakat yang didapat oleh TNI AL Lanal TBA, maka Danlanal TBA melaporkan ke Komando Atas dan berkoordinasi dengan Polresta Tanjungbalai. Menyikapi hal tersebut maka Polda Sumut melaksanakan Rapat yang dipimpin Dir Pol Air Polda Sumut Kombes Pol Dadan, S.H., M.H., menerangkan, bahwa saat ini masih didalami informasi terkait lokasi tenggelamnya kapal yang membawa PMI/TKI iIlegal ke Malaysia. Titik koordinat tenggelamnya kapal maupun penemuan mayat PMI/TKI iIlegal tersebut masih perlu diperjelas. Korban Kapal Tenggelam tersebut diduga warga Kabupaten Batubara dan Air Joman Kabupaten Asahan, namun informasi masih belum bisa dipastikan, masih simpang siur. Menanggapi hal tersebut, pembagian tugas agar Kapolres dan Danlanal TBA melakukan penyisiran di Perairan Tanjungbalai Asahan. Polres Tanjungbalai sudah melakukan koordinasi dengan Lanal TBA, Basarnas, dan instansi terkait lainnya terkait dengan pemberitaan tenggelamnya kapal yang berencana akan membawa PMI Ilegal ke Negara Malaysia. Danlanal TBA menerangkan, bahwa Lanal TBA sudah melakukan koordinasi dengan Polresta Tanjungbalai, Polres Batubara, Polres Asahan, Basarnas, dan Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai, serta instansi terkait. Kemudian juga Danlanal TBA memerintahkan Danposal di Jajarannya untuk segera berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya untuk mencari informasi tentang masyarakatnya yang hilang atau tenggelam di Perairan Perbatasan. Babinpotmar juga dilibatkan dalam mendata warganya apabila ada yang tenggelam di Perairan Perbatasan. Turut hadir dalam rapat tersebut, Kapolresta Tanjungbalai AKBP Triyadi, SH., SIK., Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, S.E., Kepala Kantor Imigrasi-II TPI Tanjungbalai-Asahan Panogu Hotdihatoguon Sitanggang, Amd.Im., S.H., M.H., Kapos SAR TBA Pandawa dan Para Kabag, Kasat, Kapolsek dan Perwira Polres Tanjungbalai. (Pen Lanal TBA)Tanjung Balai, 27 Desember 2021,– Bertempat di Mako Polres Tanjung Balai, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, melaksanakan Rapat terpadu tentang adanya informasi Kapal Tenggelam yang membawa Pekerja Migran Indonesia (PMI) Ilegal di laut perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Berawal dari informasi masyarakat yang didapat oleh TNI AL Lanal TBA, maka Danlanal TBA melaporkan ke Komando Atas dan berkoordinasi dengan Polresta Tanjungbalai. Menyikapi hal tersebut maka Polda Sumut melaksanakan Rapat yang dipimpin Dir Pol Air Polda Sumut Kombes Pol Dadan, S.H., M.H., menerangkan, bahwa saat ini masih didalami informasi terkait lokasi tenggelamnya kapal yang membawa PMI/TKI iIlegal ke Malaysia. Titik koordinat tenggelamnya kapal maupun penemuan mayat PMI/TKI iIlegal tersebut masih perlu diperjelas. Korban Kapal Tenggelam tersebut diduga warga Kabupaten Batubara dan Air Joman Kabupaten Asahan, namun informasi masih belum bisa dipastikan, masih simpang siur.

Menanggapi hal tersebut, pembagian tugas agar Kapolres dan Danlanal TBA melakukan penyisiran di Perairan Tanjungbalai Asahan. Polres Tanjungbalai sudah melakukan koordinasi dengan Lanal TBA, Basarnas, dan instansi terkait lainnya terkait dengan pemberitaan tenggelamnya kapal yang berencana akan membawa PMI Ilegal ke Negara Malaysia.

Danlanal TBA menerangkan, bahwa Lanal TBA sudah melakukan koordinasi dengan Polresta Tanjungbalai, Polres Batubara, Polres Asahan, Basarnas, dan Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai, serta instansi terkait. Kemudian juga Danlanal TBA memerintahkan Danposal di Jajarannya untuk segera berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya untuk mencari informasi tentang masyarakatnya yang hilang atau tenggelam di Perairan Perbatasan. Babinpotmar juga dilibatkan dalam mendata warganya apabila ada yang tenggelam di Perairan Perbatasan.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Kapolresta Tanjungbalai AKBP Triyadi, SH., SIK., Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, S.E., Kepala Kantor Imigrasi-II TPI Tanjungbalai-Asahan Panogu Hotdihatoguon Sitanggang, Amd.Im., S.H., M.H., Kapos SAR TBA Pandawa dan Para Kabag, Kasat, Kapolsek dan Perwira Polres Tanjungbalai.

(Pen Lanal TBA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized