Connect with us

Uncategorized

Bakamla RI dan Turkish Coast Guard Sepakati Kerja Sama

Bakamla RI dan Turkish Coast Guard Sepakati Kerja Sama Ankara, 20 November 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) —- Mendorong peran Bakamla RI sebagai point of contact Indonesia di bidang keamanan maritim, Bakamla RI penuhi undangan Turkish Coast Guard ke Markas Besarnya di Ankara, Turki, kemarin. Kedatangan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia, disambut Kepala Turkish Coast Guard Rear Admiral Asmet Kendir dengan jajar kehormatan. Setelah bercakap-cakap di ruang kerjanya, rombongan Bakamla RI menerima presentasi tentang Organisasi Turkish Coast Guard dan perannya dalam menjaga keamanan dan keselamatan maritim Turki, dilanjutkan dengan penandatanganan Agreed Minutes. Kunjungan ini ditutup dengan peninjauan Command Center Turkish Coast Guard. Indonesia dan Turki memiliki hubungan yang harmonis, tidak saja dalam konteks negara bahkan antar coast guardnya. Hal ini dapat dipahami karena coast guard Indonesia (Bakamla RI) dan Turki menghadapi tantangan yang sama. Memiliki choke point strategis, yaitu Selat Bosphorus di Turki dan Selat Malaka serta Selat Sunda di Indonesia, juga memiliki tingkat penyelundupan dan angka kecelakaan laut yang tinggi. Kesamaan ini menjadi peluang yang baik untuk dapat saling berbagi pengalaman dalam ranah capacity building. Ini pula yang melandasi kedua pimpinan lembaga untuk bertemu dan menandatangani Agreed Minute of Meeting yang isinya adalah kesepakatan kedua Kepala Kembaga Coast Guard untuk meningkatkan dan saling membina hubungan melalui sejumlah kegiatan peningkatan kapasitas dan berbagi pengetahuan. Dalam courtesy call ke Mabes Turkish Coast Guard, Kepala Bakamla RI didampingi jajarannya, antara lain Direktur Latihan Laksma Bakamla Bambang Irawan, Laksma Bakamla Phundi Rusbandi, Kabag Humas Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, dan Atase Pertahanan Turki Kolonel Inf Saifullah. (Humas Bakamla RI). Autentikasi: Kabag Humas Bakamla RI Kolonel Bakamla Dr. Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla. Foto-foto: Humas Bakamla RIAnkara, 20 November 2021 (Bakamla RI/Indonesia Coast Guard) —- Mendorong peran Bakamla RI sebagai point of contact Indonesia di bidang keamanan maritim, Bakamla RI penuhi undangan Turkish Coast Guard ke Markas Besarnya di Ankara, Turki, kemarin.

Kedatangan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia, disambut Kepala Turkish Coast Guard Rear Admiral Asmet Kendir dengan jajar kehormatan. Setelah bercakap-cakap di ruang kerjanya, rombongan Bakamla RI menerima presentasi tentang Organisasi Turkish Coast Guard dan perannya dalam menjaga keamanan dan keselamatan maritim Turki, dilanjutkan dengan penandatanganan Agreed Minutes. Kunjungan ini ditutup dengan peninjauan Command Center Turkish Coast Guard.

Indonesia dan Turki memiliki hubungan yang harmonis, tidak saja dalam konteks negara bahkan antar coast guardnya.

Hal ini dapat dipahami karena coast guard Indonesia (Bakamla RI) dan Turki menghadapi tantangan yang sama. Memiliki choke point strategis, yaitu Selat Bosphorus di Turki dan Selat Malaka serta Selat Sunda di Indonesia, juga memiliki tingkat penyelundupan dan angka kecelakaan laut yang tinggi.

Kesamaan ini menjadi peluang yang baik untuk dapat saling berbagi pengalaman dalam ranah capacity building. Ini pula yang melandasi kedua pimpinan lembaga untuk bertemu dan menandatangani Agreed Minute of Meeting yang isinya adalah kesepakatan kedua Kepala Kembaga Coast Guard untuk meningkatkan dan saling membina hubungan melalui sejumlah kegiatan peningkatan kapasitas dan berbagi pengetahuan.

Dalam courtesy call ke Mabes Turkish Coast Guard, Kepala Bakamla RI didampingi jajarannya, antara lain Direktur Latihan Laksma Bakamla Bambang Irawan, Laksma Bakamla Phundi Rusbandi, Kabag Humas Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, dan Atase Pertahanan Turki Kolonel Inf Saifullah. (Humas Bakamla RI).

Autentikasi: Kabag Humas Bakamla RI Kolonel Bakamla Dr. Wisnu Pramandita, S.T., M.M., M.Tr.Hanla.
Foto-foto: Humas Bakamla RI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Nasional

BK KELAPA GADING DISKES LANTAMAL III JAKARTA TERUS VAKSIN WARGA Dispen Lantamal3,- Lantamal III Jakarta melalui Balai Kesehatan Kelapa Gading Diskes Lantamal III yang merupakan salah satu vaksinator tetap Lantamal III Jakarta diwilayah Jakarta Utara, dengan terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 kepada Masyarakat umum, Keluarga Besar TNI AL dan Militer,Kamis (12/05/2022). Lantamal III mempermudah pelayanan vaksinasi covid-19 khususnya yang berada di daerah kelapa gading dan sekitarnya. Dengan melayani vaksinasi lanjutan dosis 3 dengan suntik vaksin Astrazeneca dan sinovak berhasil memvaksin 13 orang Kegiatan ini sangat efektif dalam percepatan pemberian vaksin covid-19 sesuai perintah Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar seluruh Jajaran TNI AL melaksanakan serta mendukung program pemerintah dalam vaksinasi nasional guna membentuk Herd Immunity di masyarakat Indonesia dengan memberikan vaksin yang berkualitas secara gratis, aman dan halal dan aman. Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P.M.Tr. Opsla., CHRMP. mengatakan,” Kita sebagai salah satu unsur pelayanan di masyarakat, tidak akan berhenti disini saja dalam mendukung program pemerintah yang sangat positip ini, namun Lantamal III dan Jajarannya akan terus mengupayakan pelayanan-pelayanan vaksin gratis, aman dan halal diberbagai wilayah kerjanya dengan membuka gerai vaksin siaga yang berkualitas dan aman guna mengentaskas pemberian vaksin covid-19 yang bermutu,” ungkapnya.

More in Uncategorized