Connect with us

Nasional

Dari Ketinggian 1200 Feet, Prajurit Yonif Para Raider 305 Kostrad Menyerbu Baturaja, Sumatera Selatan Jakarta.

Dari Ketinggian 1200 Feet, Prajurit Yonif Para Raider 305 Kostrad Menyerbu Baturaja, Sumatera Selatan Jakarta. Pasukan dari Batalyon Infanteri Para Raider 305/17/I Kostrad melaksanakan operasi Lintas Udara (Linud) dalam Latihan Antar Kecabangan TNI AD Brigif Raider 13 Divisi Infanteri 1 Kostrad, latihan ini merupakan Latihan Puncak Matra Darat yang dikenal dengan Kartika Yudha 2021. Prajurit Yonif PR 305 Kostrad yang diterjunkan berhasil menguasai dan mengambil alih sasaran strategis tumpuan udara musuh yang dikuasai oleh Andara di daerah Baturaja Kompleks, Kamis (4/11/2021). Dalam operasi Lintas Udara pasukan Yonif PR 305 Kostrad diterjunkan ke Dropping Zone musuh dengan menggunakan empat buah Pesawat yaitu 2 Hercules C-130 dan 2 Pesawat CN-295, tepat pada pukul 09.05 Wib diterjunkan ke sasaran. Setelah mendarat dan terjadi kontak tembak dengan musuh kurang lebih selama 45 menit akhirnya sasaran berhasil dikuasai, selanjutnya pasukan Yonif PR 305 Kostrad melaksanakan pengamanan dan membuat pertahanan tumpuan udara dengan melaksanakan kegiatan patroli keamanan sambil menunggu alih kodal dibawah kendali Komando Tugas Darat (Kogasrat) yang akan melaksanakan serangan gabungan darat yang lebih besar terhadap sasaran musuh selanjutnya. 650 Prajurit Batalyon Infanteri Para Raider 305/17/I Kostrad yang diterjunkan dibawah pimpinan Komandan Batalyon Letkol Inf Ari Widyo Prasetyo. Penerjunan ini merupakan tahap pertama dari dua tahap yang direncanakan dalam melaksanakan pertahanan tumpuan udara terhadap sasaran yang dikuasai. Melaksanakan operasi selanjutnya atas perintah. Operasi Linud ini merupakan skenario latihan antar Kecabangan Kartika Yudha TA 2021 yang diselenggarakan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Dankodiklat TNI-AD) Tingkat Brigade tahun 2021. Latihan antar Kecabangan Kartika Yudha TA 2021 dilaksanakan selama kurang lebih 18 hari di daerah latihan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklat TNI-AD di Martapura, OKU Timur, Sumatera Selatan. Latihan Terjun Taktis (Juntis) ini dilaksanakan selama 2 hari TMT 4 s.d.5 November 2021. Sebelum pelaksanaan penerjunan tentunya tetap menjaga protokol kesehatan dengan melaksanakan SWAB Antigen yang disiapkan oleh Satuan Yonif PR-305/17/1 Kostrad berikut Jump Master. Latihan penerjunan ini bertujuan untuk membina dan memelihara kemampuan Prajurit Yonif PR-305/17/1 Kostrad agar tetap terjaga sebagai bentuk kesiapan dalam melaksanakan tugas kedepannya. Turut menyaksikan jalannya Dankodiklat TNI-AD) Letjen TNI A. M. Putranto, S. Sos selaku Komandan Latihan Antar Kecabangan TNI AD, Dirlat Kodiklatad serta beberapa pejabat Kodiklatad lainnya. (Penkostrad). Autentikasi Kapen Kostrad, Kolonel Inf Haryantana, S.H.Nomor : SP-33/XI/2021/Pen

Dari Ketinggian 1200 Feet, Prajurit Yonif Para Raider 305 Kostrad Menyerbu Baturaja, Sumatera Selatan

Jakarta. Pasukan dari Batalyon Infanteri Para Raider 305/17/I Kostrad melaksanakan operasi Lintas Udara (Linud) dalam Latihan Antar Kecabangan TNI AD Brigif Raider 13 Divisi Infanteri 1 Kostrad, latihan ini merupakan Latihan Puncak Matra Darat yang dikenal dengan Kartika Yudha 2021.

Prajurit Yonif PR 305 Kostrad yang diterjunkan berhasil menguasai dan mengambil alih sasaran strategis tumpuan udara musuh yang dikuasai oleh Andara di daerah Baturaja Kompleks, Kamis (4/11/2021).

Dalam operasi Lintas Udara pasukan Yonif PR 305 Kostrad diterjunkan ke Dropping Zone musuh dengan menggunakan empat buah Pesawat yaitu 2 Hercules C-130 dan 2 Pesawat CN-295, tepat pada pukul 09.05 Wib diterjunkan ke sasaran.

Setelah mendarat dan terjadi kontak tembak dengan musuh kurang lebih selama 45 menit akhirnya sasaran berhasil dikuasai, selanjutnya pasukan Yonif PR 305 Kostrad melaksanakan pengamanan dan membuat pertahanan tumpuan udara dengan melaksanakan kegiatan patroli keamanan sambil menunggu alih kodal dibawah kendali Komando Tugas Darat (Kogasrat) yang akan melaksanakan serangan gabungan darat yang lebih besar terhadap sasaran musuh selanjutnya.

650 Prajurit Batalyon Infanteri Para Raider 305/17/I Kostrad yang diterjunkan dibawah pimpinan Komandan Batalyon Letkol Inf Ari Widyo Prasetyo. Penerjunan ini merupakan tahap pertama dari dua tahap yang direncanakan dalam melaksanakan pertahanan tumpuan udara terhadap sasaran yang dikuasai. Melaksanakan operasi selanjutnya atas perintah.

Operasi Linud ini merupakan skenario latihan antar Kecabangan Kartika Yudha TA 2021 yang diselenggarakan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Dankodiklat TNI-AD) Tingkat Brigade tahun 2021.

Latihan antar Kecabangan Kartika Yudha TA 2021 dilaksanakan selama kurang lebih 18 hari di daerah latihan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklat TNI-AD di Martapura, OKU Timur, Sumatera Selatan.

Latihan Terjun Taktis (Juntis) ini dilaksanakan selama 2 hari TMT 4 s.d.5 November 2021.
Sebelum pelaksanaan penerjunan tentunya tetap menjaga protokol kesehatan dengan melaksanakan SWAB Antigen yang disiapkan oleh Satuan Yonif PR-305/17/1 Kostrad berikut Jump Master.

Latihan penerjunan ini bertujuan untuk membina dan memelihara kemampuan Prajurit Yonif PR-305/17/1 Kostrad agar tetap terjaga sebagai bentuk kesiapan dalam melaksanakan tugas kedepannya.

Turut menyaksikan jalannya Dankodiklat TNI-AD) Letjen TNI A. M. Putranto, S. Sos selaku Komandan Latihan Antar Kecabangan TNI AD, Dirlat Kodiklatad serta beberapa pejabat Kodiklatad lainnya. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Haryantana, S.H.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional