Connect with us

Uncategorized

Gunakan Uang Pribadi, Perwira TNI AL Dirikan Pesantren Tahfiz Qur’an

Gunakan Uang Pribadi, Perwira TNI AL Dirikan Pesantren Tahfiz Qur’an Jakarta 16 November 2021,- Seorang Perwira TNI Angkatan Laut (TNI AL) berpangkat Mayor dan berdinas di Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Asahan Sumatera Utara, rela menggunakan uang pribadinya untuk mendirikan pesantren Tahfiz Qur’an yang diberi nama “INTISHORUL BAHRI yang artinya “KEJAYAAN DI LAUT”. Pesantren yang berlokasi di Kecamatan Simpang empat, Kabupaten Asahan Sumatera Utara ini telah dibangun sejak enam tahun lalu tahun 2014 dilahan milik keluarga (warisan) dan hingga kini telah menampung sebanyak 101 orang santri dari semula yang hanya 5 Santri. Seluruh Santri yang ditampung tidak dipungut biaya apapun. Pembiayaan sepenuhnya ditanggung dari gaji, bantuan keluarga, usaha printing dan sumbangan sukarela warga. Keinginannya untuk mendirikan Pesantren ini karena merasa terpanggil dengan melihat banyaknya generasi muda yang sudah tidak rindu lagi dengan Al Qur’an. Anak-anak lebih senang menghabiskan waktunya bermain atau menonton televisi. “Padahal dalam agama sudah jelas kita dianjurkan untuk tetap gemar membaca Al Qur’an’, tuturnya. Alasan inilah yang kemudian membuat sosok inspiratif Mayor Laut (P) Nabil yang sehari-hari menjabat sebagai Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Tanjung Balai Asahan (TBA) dan telah berdinas selama 35 tahun di TNI AL untuk mendirikan Pesantren dan membagi waktu antara tugas di Kantor dan mengurus para santri di Pesantrennya. Dengan seragam lengkap Pria kelahiran Asahan 54 tahun ini mengajarkan agama kepada anak- anak mulai dari membaca Al Qur’an, Tauhid, Fiqih, Tilawah dan menghafal Al Qur’an yang dilakoninya selepas pelaksanaan tugas di kantor. Tidak hanya belajar membaca Al Qur’an, para santri juga diberi didikan sholat dan selalu sholat berjemaah. “Saya ingin membuktikan bahwa tentara bukan orang yang menyeramkan, tentara juga bisa memberi kontribusi dengan memberikan edukasi terkait ajaran agama”, tuturnya. Danlanal TBA, Letkol Laut (P) Robinson H. Etwiory membenarkan bahwa memang Palaksa Lanal TBA memiliki sekolah Tahfiz Qur’an, bahkan akan mendirikan pesantrennya sendiri hanya saat ini ada kendala di anggarannya. Kegiatan ini sejalan dengan Instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar keberadaan prajurit TNI AL dimanapun dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat sekelilingnya. Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.Jakarta 16 November 2021,- Seorang Perwira TNI Angkatan Laut (TNI AL) berpangkat Mayor dan berdinas di Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Asahan Sumatera Utara, rela menggunakan uang pribadinya untuk mendirikan pesantren Tahfiz Qur’an yang diberi nama “INTISHORUL BAHRI yang artinya “KEJAYAAN DI LAUT”.

Pesantren yang berlokasi di Kecamatan Simpang empat, Kabupaten Asahan Sumatera Utara ini telah dibangun sejak enam tahun lalu tahun 2014 dilahan milik keluarga (warisan) dan hingga kini telah menampung sebanyak 101 orang santri dari semula yang hanya 5 Santri. Seluruh Santri yang ditampung tidak dipungut biaya apapun. Pembiayaan sepenuhnya ditanggung dari gaji, bantuan keluarga, usaha printing dan sumbangan sukarela warga.

Keinginannya untuk mendirikan Pesantren ini karena merasa terpanggil dengan melihat banyaknya generasi muda yang sudah tidak rindu lagi dengan Al Qur’an. Anak-anak lebih senang menghabiskan waktunya bermain atau menonton televisi. “Padahal dalam agama sudah jelas kita dianjurkan untuk tetap gemar membaca Al Qur’an’, tuturnya.

Alasan inilah yang kemudian membuat sosok inspiratif Mayor Laut (P) Nabil yang sehari-hari menjabat sebagai Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Tanjung Balai Asahan (TBA) dan telah berdinas selama 35 tahun di TNI AL untuk mendirikan Pesantren dan membagi waktu antara tugas di Kantor dan mengurus para santri di Pesantrennya.

Dengan seragam lengkap Pria kelahiran Asahan 54 tahun ini mengajarkan agama kepada anak- anak mulai dari membaca Al Qur’an, Tauhid, Fiqih, Tilawah dan menghafal Al Qur’an yang dilakoninya selepas pelaksanaan tugas di kantor. Tidak hanya belajar membaca Al Qur’an, para santri juga diberi didikan sholat dan selalu sholat berjemaah.
“Saya ingin membuktikan bahwa tentara bukan orang yang menyeramkan, tentara juga bisa memberi kontribusi dengan memberikan edukasi terkait ajaran agama”, tuturnya.

Danlanal TBA, Letkol Laut (P) Robinson H. Etwiory membenarkan bahwa memang Palaksa Lanal TBA memiliki sekolah Tahfiz Qur’an, bahkan akan mendirikan pesantrennya sendiri hanya saat ini ada kendala di anggarannya. Kegiatan ini sejalan dengan Instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar keberadaan prajurit TNI AL dimanapun dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat sekelilingnya.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Nasional

BK KELAPA GADING DISKES LANTAMAL III JAKARTA TERUS VAKSIN WARGA Dispen Lantamal3,- Lantamal III Jakarta melalui Balai Kesehatan Kelapa Gading Diskes Lantamal III yang merupakan salah satu vaksinator tetap Lantamal III Jakarta diwilayah Jakarta Utara, dengan terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 kepada Masyarakat umum, Keluarga Besar TNI AL dan Militer,Kamis (12/05/2022). Lantamal III mempermudah pelayanan vaksinasi covid-19 khususnya yang berada di daerah kelapa gading dan sekitarnya. Dengan melayani vaksinasi lanjutan dosis 3 dengan suntik vaksin Astrazeneca dan sinovak berhasil memvaksin 13 orang Kegiatan ini sangat efektif dalam percepatan pemberian vaksin covid-19 sesuai perintah Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar seluruh Jajaran TNI AL melaksanakan serta mendukung program pemerintah dalam vaksinasi nasional guna membentuk Herd Immunity di masyarakat Indonesia dengan memberikan vaksin yang berkualitas secara gratis, aman dan halal dan aman. Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P.M.Tr. Opsla., CHRMP. mengatakan,” Kita sebagai salah satu unsur pelayanan di masyarakat, tidak akan berhenti disini saja dalam mendukung program pemerintah yang sangat positip ini, namun Lantamal III dan Jajarannya akan terus mengupayakan pelayanan-pelayanan vaksin gratis, aman dan halal diberbagai wilayah kerjanya dengan membuka gerai vaksin siaga yang berkualitas dan aman guna mengentaskas pemberian vaksin covid-19 yang bermutu,” ungkapnya.

More in Uncategorized