Connect with us

Nasional

Haru Campur Gembira Kopral Chaerul Saat Putranya Diwisuda

Mengharukan bercampur gembira  sekaligus membanggakan itulah yang terlihat diwajah Kopral Satu (Koptu) Chaerul setelah putranya termasuk dalam Prajurit Bhayangkara Taruna (Prabhatar) yang diwisuda Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bertempat di Lapangan Sapta Marga Akademi Militer (Akmil), Magelang, Kamis (28/10) lalu.

Keharuan bercampur gembira ini melihat anak pertamanya Rifki Ahmad Darmawan kelahiran Tanjungpinang, 19 Maret 2002 resmi menyandang Prajurit Taruna Akademi TNI (AAL) yang berarti kelak akan meneruskan pengabdiannya di TNI Angkatan Laut (TNI AL).  Kebanggaan Koptu Chaerul  yang berdinas di Fasharkan Mentigi Tanjung Uban ini, putranya bisa masuk Taruna  dan menimba ilmu di AAL yang merupakan kawah  chandradimuka penggemblengan calon-calon pemimpin TNI AL.

Keberhasilan putranya bisa masuk Taruna Akademi TNI ini menunjukkan bahwa, persepsi masyarakat selama ini yang mengatakan bahwa,  masuk Taruna Akademi TNI adalah golongan orang-orang tertentu tidak benar, hal ini terbukti anak seorang Kopral pun bisa masuk menjadi Taruna, bahkan dari para 982 Prabhatar orang tuanya dari berbagai profesi. Semua lapisan masyarakat bisa menjadi Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) asal memenuhi persyaratan.  Persyaratan tersebut antara lain harus lolos tes administrasi, kesehatan, jasmani, psikologi, mental ideologi dan Penentuan Akhir (Pantukhir).

Menurut Rifki keberhasilannya bisa masuk menjadi Taruna Akademi TNI berkat doa kedua orang tuanya Kopral Chaerul dan Ibu Yuniar Hasimah yang diridhoi Allah SWT, selain persiapannya yang matang untuk mengikuti semua seleksi penerimaan.

Sebagai umat beragama Islam, Rifki selalu mendapat pesan dari orang tuanya yaitu selalu beribadah dan disiplin. “Rifki jangan pernah tinggal sholat ya, apapun yang kamu lakukan,  secapek apapun kamu, harus tetap sholat ya nak , kamu harus disiplin dan  jangan pernah buat masalah disana, mama, bapak dan adik selalu doakan kamu. In Syaa Allah, Allah pasti mendengar doa kita selama ini, kamu akan jadi contoh untuk adik kamu, berjuang ya nak, kami percaya kamu bisa,” ujar Rifki menirukan apa yang dipesankan orang tuanya.
Saat akan mengikuti pendidikan integratif Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Akademi Kepolisian, pesan orang tuanya yaitu tetap jaga ibadah, terus rendah hati, carilah ilmu dengan baik dan persiapkan diri dari sekarang untuk menghadapi masa depan, jangan lupa untuk terus berbuat baik, dan selalu berdoa pada Tuhan Yang Maha Kuasa.
Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional