Connect with us

Hankam

Kasal Hadiri Wisuda Prabhatar Yang Merupakan Sinergitas dan Soliditas TNI Polri Sejak Dini

Jakarta, 28 Oktober 2021. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menghadiri wisuda Calon Prajurit Bhayangkara Taruna (Caprabhatar) pada Upacara Wisuda Caprabhatar Akademi TNI dan Akademi Kepolisian (Akpol) Tahun Pendidikan 2021/2022 bertempat di Lapangan Saptamarga Akademi Militer (Akmil), Magelang, Kamis (28/10). Wisuda Prabhatar TNI Polri dilaksanakan setelah pendidikan integrasi selama 3 bulan yang merupakan bentuk sinergitas dan soliditas TNI Polri sejak dini.

Dalam upacara tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang menjadi Inspektur Upacara (Irup) mewisuda sebanyak 982 Caprabhatar yang terdiri dari 779 Calon Prajurit Taruna (Capratar) Akademi TNI dan 203 Calon Bhayangkara Taruna (Cabhatar) Akpol dan akan dilantik menjadi Taruna Akademi TNI dan Taruna Akpol setelah dinyatakan lulus menjalani pendidikan dasar integratif kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol selama 3 bulan di Menchandra Akademi TNI Magelang.

Panglima TNI dalam amanatnya antara lain mengatakan bahwa tujuan pendidikan integrasi adalah membentuk prajurit Taruna Akademi TNI yang menjiwai Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI serta Bhayangkara Taruna Akademik Kepolisian yang menjiwai Tribrata dan Catur Prasetya secara bersama sama. “Kalian diharapkan mampu membangun semangat integrasi, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan serta kondisi jasmani yang samapta untuk dapat mengikuti pendidikan selajutnya di Akademi TNI dan Akademi Kepolisian,” ujar Panglima TNI.

Lebih lanjut dikatakan Panglima TNI bahwa soliditas TNI Polri sebagai pilar kesatuan dan persatuan bangsa harus dipupuk dan dipelihara sedini mungkin. Sejarah telah membuktikan bahwa hanya dengan persatuan dan kesatuan, bersinergi dan bekerja sama maka segala bentuk permasalahan ini dapat kita selesaikan.

Sejalan dengan Panglima TNI, Kapolri dalam amanatnya menyampaikan bahwa pelatihan pendidikan antara Akademi TNI dan Akademi Kepolisian dalam bentuk pendidikan dasar integrasi di lembah tidar ini bertujuan mewujudkan sinergitas dan soliditas yang dibentuk semenjak pendidikan dasar yang terus dikembangkan selama 4 tahun.

“Tentunya sinergitas dan soliditas ini terus dibangun dari mulai awal dan sampai kapanpun ini menjadi kekuatan yang harus terus dipelihara, karena kunci utama untuk bisa kita sukses dalam menghadapi ancaman, baik dalam kedaulatan negara, ancaman dari luar dan dari dalam negeri maupun ancaman kunci utama agar kita bisa sukses melawan ancaman tersebut adalah soliditas dan sinergitas”, ujar Kapolri.

Pendidikan Dasar Integratif Kemitraan Taruna Akademi TNI dan Akpol Tahun 2021 berlangsung selama 3 bulan dengan mendidik sebanyak 982 orang yang terdiri dari 779 Taruna Akademi TNI dengan rincian 449 Taruna Angkatan Darat, 190 Taruna/i Angkatan Laut serta 140 Taruna/i Angkatan Udara.

Turut Hadir dalam kegiatan Wisuda Prabhatar Akademi TNI dan Akpol, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., Wakasad Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.IP., M.Si. mewakili Kasad dan Danjen Akademi TNI Marsdya TNI Andyawan Martono P., S.IP. serta para Gubernur Akedemi Angkatan.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hankam