Connect with us

Nasional

KASAL Tutup Naval Expo 2022 Balai Samudera, Dihadiri 10 Ribu Pengunjung TNI, Pelajar dan Masyarakat

Naval Expo 2022 yang digelar di Balai Samudera 11-18 September 2022, dan dibuka oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, pada Minggu 18 September 2022, Secara resmi ditutup oleh KASAL Laksamana TNI Yudo Margono. Aneka tari-tarian masyarakat Kalimantan dari Jalasenastri Pushidrosal serta musik dan kesenian lain turut meramaikan penutupan Navi Expo 2022 tersebut.

Ketua Panitia Naval Expo 2022, Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat, dalam laporannya menjelaskan, Bahwa Naval Expo 2022 yang telah digelar di Balai Samudera dengan menampilkan Aneka produk industri kemaritiman, Alutsista TNI AL serta Industri kreatif binaan TNI AL, dalam rangkaian hari ulang tahun TNI Angkatan Laut ke-77 tersebut telah mendapat apresiasi dari masyarakat, dimana lebih dari 10 ribu pengunjung dari TNI, Pelajaran maupun masyarakat umum, menyaksikan pameran produk Kemaritiman tersebut.

Pameran ini telah diikuti oleh Komando Utama (Kotama) TNI AL dengan memamerkan teknologi alat utama sistem senjata (alutsista) dari industri maritim nasional yang terdiri atas 48 stan di dalam ruangan (indoor) dan 7 stan di luar ruangan (outdoor), BUMN, serta pihak swasta.

Selama pameran berlangsung, juga telah digelar wicara atau talk show dari industri kemaritiman, Klinik Medifit dari dokter spesialis olahraga, pertunjukan kesenian dari Kotama TNI AL Jakarta, organisasi istri prajurit TNI AL Jalasenastri, dan tari tradisional dari Suku Dinas Kebudayaan DKI Jakarta.

Selain menjadi ajang untuk pameran alutsista agar diketahui oleh masyarakat, Naval Expo 2022 juga digelar sebagai tempat untuk pameran produk-produk kelautan dan kemaritiman sehingga dapat menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas serta penggunanya.

Naval Expo 2022 menjadi wahana bagi UMKM untuk mempromosikan produk-produknya, termasuk karya-karya ibu-ibu Jalasenastri jajaran TNI AL seluruh penjuru Nusantara, Ini merupakan bagian dari peran aktif dan langkah nyata TNI AL dalam menyukseskan program pemerintah untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat, papar Laksamana Madya TNI Nurhidayat.

Sementara, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, saat menutup Naval Expo 2022 berharap, agar kedepan Naval Expo bisa lebih ditingkatkan dengan memperbanyak stan Kemaritiman, termasuk kita undang Angkatan Laut dari negara lain juga UMKM serta pedagang kecil seperti pedagang kuliner/makanan, minuman, pakaian batik serta tenun/lurik, sehingga dapat membantu pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi masyarakat.

Kami juga berterima kasih kepada Jalasenastri yang telah berpartisipasi dengan produk unggulan pada pameran ini dan kita juga telah membantu UMKM, sehingga di mana TNI AL berada bisa bermanfaat bagi masyarakat.

KASAL juga mengaku telah menyiapkan anggaran untuk membeli mobil listrik, dan untuk tahun 2023 akan mengangarkan pembelian mobil listrik untuk kendaraan Dinas Perwira TNI AL, karena Bus dan Truk memang belum memungkinkan, ungkapnya. (NRL).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional