Connect with us

Nasional

Komisi C Sarankan PT.Jakpro Bentuk Divisi Migas

Jakarta Warta Nasional.com
Dalam rangka peningkatan status dan peran PT Jakarta Propertindo ( Jakpro) sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemprov DKI Jakarta.
Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bampemperda) DPRD DKI Jakarta , menggelar rapat penyusunan Peraturan Daerah (Perda).
Untuk memenuhi usulan yang yang diajukan oleh PT. Jakpro yakni Perda pembentukan anak perusahaan daerah untuk melaksanakan Partisipasing Of Interest yang ditawarkan Kemerterian Kernenterian Energi dan Surnber Daya Mineral. Kemudian PT Jakpro juga mengajukan permohonan Penyertaan Modal Daerah (PMD) .

Komisi C ketika dimintai saran dan rekomendasi nya mengenai Hal tersebut.
Wakil Ketua Komisi C Dr. Ir. H. Rasyidi HY., MM., CPA., MA menyarankankan untuk efisiensi pengeluaran sebaiknya PT. Jakpro cukup dengan membemtuk divisi bidang Energi Sumber Daya Mineral lengkap dan merekrut tenaga ahlinya.
Ketimbang harus membentuk anak
perusahaan baru yang nantinya harus menggaji direktur baru, sehingga akan.mengeluarkan lebih banyak biaya.

Saya rasa cukup dibentuk saja divisi Migas dan menyiapkan para tenaga ahlinya, kata
politisi PDI Perjuangan di Kebun Sirih Jakarta Pusat Rabu (22/6/2022).

Lebih lanjut Rasyid yang juga merupakan mantan pejabat eselon Pertamina ini menjelaskan, bahwa Partcipating Interest 10 persen (PI)
yang berarti kita diberikan kewenangan untuk melakukan kerjasama eksplorasi dengan Pertamina sebesar 10 persen. Namun berhubung kita satu regional dengan Lampung maka kita harus berbagi dengan Provinsi ini yang berarti hanya mendapat 5 persen – 5 persen.

” Tentunya dalam kerjasama ini selain kita harus menyediakan tenaga ahli dibidang Energi dan Mineral (Migas) kita juga harus menanggung beban anggaran sebanyak 5 persen pula sebagai biaya eksplorasi,
Meski pada awal awal bulan belum diminta tapi tetap jatah kita akan dipotong senilai 5 persen sebagai biaya eksplorasi”, jelasnya.

“Walaupun demikian hal ini adalah kesempatan yang tak boleh disia-siakan oleh kita, untuk bisa memperoleh Pendaparan Asli Daerah (PAD) tambahan dari sektor Migas yang nilainya cukup besar.
.pungkasnya. (us)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional