Connect with us

Uncategorized

Kumdam IV/Diponegoro Selenggarakan Webinar Sistem Pertahanan Negara

Kumdam IV/Diponegoro Selenggarakan Webinar Sistem Pertahanan Negara Semarang – Kakumdam IV/Diponegoro Kolonel Chk Eko Putro Hadi Prasetyo, S.H., M.H., berikan penyuluhan bela negara kepada anggota Persatuan Purnawirawan TNI-AD (PPAD) beserta Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) wilayah Jateng yang digelar di Aula Gedung Juang 45 Kota Semarang. Kamis (11/11/2021). Kegiatan yang dilaksanakan secara offline maupun online tersebut bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang sistem pertahanan negara. Dijelaskan Kakumdam bahwa Indonesia memiliki sistem pertahanan negara yang bersifat semesta dengan melibatkan semua elemen bangsa. Sesuai dengan amanat UUD 1945 Pasal 27 ayat 3 yang menyebutkan setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara dan pasal 30 ayat 1 yakni tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. “Dengan mempersiapkan sumber daya nasional secara menyeluruh dan terpadu sejak dini, kita dapat melindungi segenap bangsa serta menjaga keutuhan NKRI” Pada kesempatan yang sama Brigjen TNI (Purn) Sumartoni, S.H., M.H. selaku Ketua PPAD Jateng menyebutkan saat ini melakukan pembinaan mental maupun pemberian pemahaman Pancasila kepada generasi muda menjadi hal yang penting khususnya kepada Hipakad, sebab dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme dan cinta kepada tanah air guna menghadapi ancaman yang bersifat kompleks dan multi dimensi pada era global. Diharapkan melalui kegiatan tersebut, para peserta tetap memiliki semangat juang bela negara dan berperan aktif memberikan kontribusi dalam membangun karakter masyarakat cinta tanah air sehingga kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa tetap terjaga. Selain ketua PPAD Jateng, terlihat beberapa pejabat juga memberikan materi dalam kegiatan tersebut, seperti Kabinda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto, S.H., M.M, Kepala badan Kesbangpol Bapak Haerudin S.H., M.H., serta Ketua Gerakan Bela Negara Brigjen TNI (Purn) Hidayat Purnomo. (Pendam IV/Diponegoro)Semarang – Kakumdam IV/Diponegoro Kolonel Chk Eko Putro Hadi Prasetyo, S.H., M.H., berikan penyuluhan bela negara kepada anggota Persatuan Purnawirawan TNI-AD (PPAD) beserta Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) wilayah Jateng yang digelar di Aula Gedung Juang 45 Kota Semarang. Kamis (11/11/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan secara offline maupun online tersebut bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang sistem pertahanan negara.

Dijelaskan Kakumdam bahwa Indonesia memiliki sistem pertahanan negara yang bersifat semesta dengan melibatkan semua elemen bangsa. Sesuai dengan amanat UUD 1945 Pasal 27 ayat 3 yang menyebutkan setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara dan pasal 30 ayat 1 yakni tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

“Dengan mempersiapkan sumber daya nasional secara menyeluruh dan terpadu sejak dini, kita dapat melindungi segenap bangsa serta menjaga keutuhan NKRI”

Pada kesempatan yang sama Brigjen TNI (Purn) Sumartoni, S.H., M.H. selaku Ketua PPAD Jateng menyebutkan saat ini melakukan pembinaan mental maupun pemberian pemahaman Pancasila kepada generasi muda menjadi hal yang penting khususnya kepada Hipakad, sebab dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme dan cinta kepada tanah air guna menghadapi ancaman yang bersifat kompleks dan multi dimensi pada era global.

Diharapkan melalui kegiatan tersebut, para peserta tetap memiliki semangat juang bela negara dan berperan aktif memberikan kontribusi dalam membangun karakter masyarakat cinta tanah air sehingga kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa tetap terjaga.

Selain ketua PPAD Jateng, terlihat beberapa pejabat juga memberikan materi dalam kegiatan tersebut, seperti Kabinda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto, S.H., M.M, Kepala badan Kesbangpol Bapak Haerudin S.H., M.H., serta Ketua Gerakan Bela Negara Brigjen TNI (Purn) Hidayat Purnomo.
(Pendam IV/Diponegoro)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Nasional

BK KELAPA GADING DISKES LANTAMAL III JAKARTA TERUS VAKSIN WARGA Dispen Lantamal3,- Lantamal III Jakarta melalui Balai Kesehatan Kelapa Gading Diskes Lantamal III yang merupakan salah satu vaksinator tetap Lantamal III Jakarta diwilayah Jakarta Utara, dengan terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 kepada Masyarakat umum, Keluarga Besar TNI AL dan Militer,Kamis (12/05/2022). Lantamal III mempermudah pelayanan vaksinasi covid-19 khususnya yang berada di daerah kelapa gading dan sekitarnya. Dengan melayani vaksinasi lanjutan dosis 3 dengan suntik vaksin Astrazeneca dan sinovak berhasil memvaksin 13 orang Kegiatan ini sangat efektif dalam percepatan pemberian vaksin covid-19 sesuai perintah Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar seluruh Jajaran TNI AL melaksanakan serta mendukung program pemerintah dalam vaksinasi nasional guna membentuk Herd Immunity di masyarakat Indonesia dengan memberikan vaksin yang berkualitas secara gratis, aman dan halal dan aman. Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P.M.Tr. Opsla., CHRMP. mengatakan,” Kita sebagai salah satu unsur pelayanan di masyarakat, tidak akan berhenti disini saja dalam mendukung program pemerintah yang sangat positip ini, namun Lantamal III dan Jajarannya akan terus mengupayakan pelayanan-pelayanan vaksin gratis, aman dan halal diberbagai wilayah kerjanya dengan membuka gerai vaksin siaga yang berkualitas dan aman guna mengentaskas pemberian vaksin covid-19 yang bermutu,” ungkapnya.

More in Uncategorized