Connect with us

Nasional

Pangkalan TNI AL Lhokseumawe Melaksanakan Upacara Hari Dharma Samudera dan Tabur Bunga

*Pangkalan TNI AL Lhokseumawe Melaksanakan Upacara Hari Dharma Samudera dan Tabur Bunga* Aceh Utara – Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah,selaku Inspektur upacara memimpin langsung jalannya upacara Di Dermaga Kreung Geukuh Lhokseumawe Sabtu, (15/01/2022). Pada Upacara tersebut di bacakan Sejarah untuk mengenang pengorbanan kapal perang RI Macan Tutul yang dikomodori oleh Laksamana Madya TNI Yosaphat Soedarso demi melindungi 2 kapal perang RI lainnya dalam pertempuran melawan Belanda di laut Arafura perairan Maluku. Dikatakan, pertempuran penuh semangat membela negara di laut Arafuru memberikan keteladanan sejati kepada kita tentang nilai dan semangat kejuangan, yakni sikap kesatria, rela berkorban dan tak pernah gentar menghadapi musuh dalam mempertahankan wilayah dan kedaulatan negara. Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam amanatnya menyampaikan,Sejarah Panjang perjuangan bangsa Indonesia telah membentuk dan melahirkan semangat patriotisme semangat rasa cinta kepada bangsa dan negara melampaui kecintaan kepada dirinya sendiri.perjuangan bangsa indonesia dilaksanakan di semua pelagan, di darat, diudara juga di Laut tidak akan lekang dari catatan sejarah Indonesia. “Momentum peringatan Hari Dharma Samudera kali ini kiranya memacu kita untuk menghayati, meresapi dan meneladani nilai-nilai patriotisme, heroisme serta kepemimpinan yang telah diwariskan oleh para pejuang-pejuang samudera dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara tercinta. Selaras dengan semangat Jalesveva Jayamahe, Justru di Laut Kita Jaya, saya berharap agar setiap peringatan Hari Dharma Samudera dapat menginspirasi bangsa Indonesia untuk terus membangun dan membangkitkan kembali kejayaan sebagai bangsa pelaut. Hari Dharma Samudra yang diperingati setiap tanggal 15 Januari semangat para pahlawan kita di pertempuran Laut Aru, peristiwa heroik pada setiap tanggal 15 Januari 1962. Komandan Lanal Lhokseumawe, selaku Inspektur upacara memimpin langsung jalannya upacara tabur bunga tersebut di atas geladak KAL BIREUN di perairan Kreung Geukuh Lhokseumawe, dilaksanakan secara sederhana di ikuti oleh Paspotmar Mayor Laut (KH) Fahriza,Perwira staf , Prajurit Bintara dan Tamtama serta PNS Lanal Lhokseumawe dan turut hadir Ibu Ketua Jalasenastri dan Pengurus Jalasenastri Cabang 6 Korcab I DJA I. Selama melaksanakan Upacara dan Tabur Bunga, Kegiatan berjalan Lancar dan Aman. @tni_angkatan_laut @koarmada_1 @lantamal_I_belawan #penlanallse.Aceh Utara – Danlanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah,selaku Inspektur upacara memimpin langsung jalannya upacara Di Dermaga Kreung Geukuh Lhokseumawe
Sabtu, (15/01/2022).

Pada Upacara tersebut di bacakan Sejarah untuk mengenang pengorbanan kapal perang RI Macan Tutul yang dikomodori oleh Laksamana Madya TNI Yosaphat Soedarso demi melindungi 2 kapal perang RI lainnya dalam pertempuran melawan Belanda di laut Arafura perairan Maluku.

Dikatakan, pertempuran penuh semangat membela negara di laut Arafuru memberikan keteladanan sejati kepada kita tentang nilai dan semangat kejuangan, yakni sikap kesatria, rela berkorban dan tak pernah gentar menghadapi musuh dalam mempertahankan wilayah dan kedaulatan negara.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam amanatnya menyampaikan,Sejarah Panjang perjuangan bangsa Indonesia telah membentuk dan melahirkan semangat patriotisme semangat rasa cinta kepada bangsa dan negara melampaui kecintaan kepada dirinya sendiri.perjuangan bangsa indonesia dilaksanakan di semua pelagan, di darat, diudara juga di Laut tidak akan lekang dari catatan sejarah Indonesia.

“Momentum peringatan Hari Dharma Samudera kali ini kiranya memacu kita untuk menghayati, meresapi dan meneladani nilai-nilai patriotisme, heroisme serta kepemimpinan yang telah diwariskan oleh para pejuang-pejuang samudera dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara tercinta.

Selaras dengan semangat Jalesveva Jayamahe, Justru di Laut Kita Jaya, saya berharap agar setiap peringatan Hari Dharma Samudera dapat menginspirasi bangsa Indonesia untuk terus membangun dan membangkitkan kembali kejayaan sebagai bangsa pelaut.

Hari Dharma Samudra yang diperingati setiap tanggal 15 Januari semangat para pahlawan kita di pertempuran Laut Aru, peristiwa heroik pada setiap tanggal 15 Januari 1962.

Komandan Lanal Lhokseumawe, selaku Inspektur upacara memimpin langsung jalannya upacara tabur bunga tersebut di atas geladak KAL BIREUN di perairan Kreung Geukuh Lhokseumawe, dilaksanakan secara sederhana di ikuti oleh Paspotmar Mayor Laut (KH) Fahriza,Perwira staf , Prajurit Bintara dan Tamtama serta PNS Lanal Lhokseumawe dan turut hadir Ibu Ketua Jalasenastri dan Pengurus Jalasenastri Cabang 6 Korcab I DJA I.

Selama melaksanakan Upacara dan Tabur Bunga, Kegiatan berjalan Lancar dan Aman.

@tni_angkatan_laut
@koarmada_1
@lantamal_I_belawan

penlanallse.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Nasional

BK KELAPA GADING DISKES LANTAMAL III JAKARTA TERUS VAKSIN WARGA Dispen Lantamal3,- Lantamal III Jakarta melalui Balai Kesehatan Kelapa Gading Diskes Lantamal III yang merupakan salah satu vaksinator tetap Lantamal III Jakarta diwilayah Jakarta Utara, dengan terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 kepada Masyarakat umum, Keluarga Besar TNI AL dan Militer,Kamis (12/05/2022). Lantamal III mempermudah pelayanan vaksinasi covid-19 khususnya yang berada di daerah kelapa gading dan sekitarnya. Dengan melayani vaksinasi lanjutan dosis 3 dengan suntik vaksin Astrazeneca dan sinovak berhasil memvaksin 13 orang Kegiatan ini sangat efektif dalam percepatan pemberian vaksin covid-19 sesuai perintah Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar seluruh Jajaran TNI AL melaksanakan serta mendukung program pemerintah dalam vaksinasi nasional guna membentuk Herd Immunity di masyarakat Indonesia dengan memberikan vaksin yang berkualitas secara gratis, aman dan halal dan aman. Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P.M.Tr. Opsla., CHRMP. mengatakan,” Kita sebagai salah satu unsur pelayanan di masyarakat, tidak akan berhenti disini saja dalam mendukung program pemerintah yang sangat positip ini, namun Lantamal III dan Jajarannya akan terus mengupayakan pelayanan-pelayanan vaksin gratis, aman dan halal diberbagai wilayah kerjanya dengan membuka gerai vaksin siaga yang berkualitas dan aman guna mengentaskas pemberian vaksin covid-19 yang bermutu,” ungkapnya.

More in Nasional