Connect with us

Hukum

Penipuan Penjualan online Dari Dalam Lapas Dibongkar Jajaran Polres Jakarta Timur

Kejahatan penipuan dengan cara penjualan secara online yang dikendalikan dari dalam Lapas yang di otaki oleh salah satu warga binaan di Lapas Grobogan dibongkar oleh satuan Reskrim Polres Jakarta Timur.

Penangkapan diawali dari pelaporan korban Bonar kristiantoro ke Polres Metro Jakarta Timur pada tanggal 11 Juli 2021. bahwa dirinya merasa ditipu oleh seseorang yang mengatasnamakan saudara Putra Siregar.

Setelah itu para penyidik dari Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur melakukan penyelidikan dan penyidikan dapat diketahui pelaku di TKP Dari CCTV di ATM BCA di Pondok Gede Timur. maka didapatkan beberapa alat bukti yang kemudian dikembangkan dari pengembangan itu sendiri didapatkan nama 3 orang tersangka.

3 orang bekerja secara terpisah di beberapa kota, yang pertama tersangka dengan inisial AD (Otak pelaku kejahatan) yang masih mendekam di Lapas Grobogan Bali.

Dimana yang bersangkutan memasukkan KTP saudara Putra Siregar untuk memuluskan aksinya, dibantu oleh temannya yaitu CB dan SR yang berperan mengumpulkan uang hasil kejahatan dengan mengambil uang transferan dari korban penipuan dari ATM Bank.

Dan modus penipuan tersebut dengan cara membuka penjualan online menawarkan berbagai merk handphone di aplikasi Play Store. Dengan mengambil alamat palsu di Condet Jakarta Timur. Saudara JB juga membuat aplikasi Playstore.

Hasil kejahatan diperkirakan mencapai miliaran, tetapi yang dapat dibuktikan oleh penyidik sekitar 360 juta. jadi modusnya adalah jual beli HP melalui Play Store. Kini 2 pelaku ditahan di Polres Metro Jaktim. Sementara pelaku utama masih di Lapas Grobogan Bali.

Terhadap pelaku kita kenakan pasal 378 junto pasal 28 ayat 1 undang-undang ite undang-undang nomor 11 tahun 2008. sementara ancaman hukumannya adalah maksimal 6 tahun penjara. Ungkap Kombes Pol Erwin Kurniawan. (Red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Hukum