Connect with us

Uncategorized

Personel Baru RSPAD Gatot Soebroto Melaksanakan Kunjungan Ke Museum Darma Bhakti Kostrad

Jakarta, 4 November 2021 Nomor : SP-26/XI/2021/Pen Personel Baru RSPAD Gatot Soebroto Melaksanakan Kunjungan Ke Museum Darma Bhakti Kostrad Jakarta. Dalam rangka masa orientaasi bagi personel baru Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, sebanyak 114 orang personel yang akan bekerja di RSPAD Gatot Soebroto melaksanakan kunjungan ke Museum Darma Bhakti Kostrad, Rabu (3/11/2021). Kunjungan pesonel baru RSPAD Gatot Soebroto ini dipimpin oleh Kolonel Ckm Indarto yang dibagi dalam 5 kelompok agar tidak terjadi kerumunan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Para personel baru RSPAD Gatot Soebroto ini terdiri dari beberapa tenaga kesehatan antara lain dokter, perawat, bidan dan apoteker, dimana semua personel tersebut diwajibkan melaksanakan orientasi pengenalan museum yang ada di Jakarta termasuk Museum Darma Bhakti Kostrad. Kolonel Ckm Indarto mengatakan jika tujuan dari para pesonel baru RSPAD Gatot Soebroto ini adalah untuk study sejarah dan mempelajari dan mengenang para pahlawan Revolusi Indonesia serta mengulik sejarah G30S PKI. Di Museum tersebut, para personel baru RSPAD Gatot Soebroto berkesempatan menonton film sekilas penghianatan G 30 S PKI di Home Teater Darma Bhakti Kostrad dan mendapat penjelasan dari Mayor Inf I Putu yang dibantu anggota Bintal Kostrad serta diajak berkeliling memasuki ruangan-ruangan dan melihat diorama-diorama yang ada di museum. Mayor Inf I Putu menjelaskan, bahwa Museum Darma Bhakti Kostrad adalah bagian dari Markas Kostrad yang merupakan peninggalan Kantor Komisaris Belanda yang didirikan pada tahun 1870. Gedung tersebut mulai digunakan pada 6 Maret 1961, sejak terbentuknya Satuan Cadangan Umum TNI AD (Caduad) – cikal bakal Kostrad. Bangunan ini digunakan sebagai Kantor Panglima Kostrad (Pangkostrad) pertama yaitu Mayjen TNI Soeharto. “Dari gedung ini pulalah Operasi Trikora, Operasi Seroja dan Operasi Penumpasan PKI dilaksanakan,” ungkap Mayor Inf I Putu. “Dengan berkunjung ke Museum Darma Bhakti Kostrad, diharapkan para pencinta Pahlawan Revolusi yang memang belum mengetahui tentang Kostrad akan menjadi tahu, karena dengan mengunjungi Museum Darma Bhakti Kostrad mereka dapat mengetahui sejarah panjang Kostrad dalam pengabdiannya kepada negara dan bangsa, serta menambah kecintaan dan kebanggaan menjadi Prajurit Kostrad,” tutup Mayor Inf I Putu. (Penkostrad). Autentikasi Kapen Kostrad, Kolonel Inf Haryantana, S.H.Nomor : SP-26/XI/2021/Pen

Personel Baru RSPAD Gatot Soebroto Melaksanakan Kunjungan Ke Museum Darma Bhakti Kostrad

Jakarta. Dalam rangka masa orientaasi bagi personel baru Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, sebanyak 114 orang personel yang akan bekerja di RSPAD Gatot Soebroto melaksanakan kunjungan ke Museum Darma Bhakti Kostrad, Rabu (3/11/2021).

Kunjungan pesonel baru RSPAD Gatot Soebroto ini dipimpin oleh Kolonel Ckm Indarto yang dibagi dalam 5 kelompok agar tidak terjadi kerumunan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Para personel baru RSPAD Gatot Soebroto ini terdiri dari beberapa tenaga kesehatan antara lain dokter, perawat, bidan dan apoteker, dimana semua personel tersebut diwajibkan melaksanakan orientasi pengenalan museum yang ada di Jakarta termasuk Museum Darma Bhakti Kostrad.

Kolonel Ckm Indarto mengatakan jika tujuan dari para pesonel baru RSPAD Gatot Soebroto ini adalah untuk study sejarah dan mempelajari dan mengenang para pahlawan Revolusi Indonesia serta mengulik sejarah G30S PKI.

Di Museum tersebut, para personel baru RSPAD Gatot Soebroto berkesempatan menonton film sekilas penghianatan G 30 S PKI di Home Teater Darma Bhakti Kostrad dan mendapat penjelasan dari Mayor Inf I Putu yang dibantu anggota Bintal Kostrad serta diajak berkeliling memasuki ruangan-ruangan dan melihat diorama-diorama yang ada di museum.

Mayor Inf I Putu menjelaskan, bahwa Museum Darma Bhakti Kostrad adalah bagian dari Markas Kostrad yang merupakan peninggalan Kantor Komisaris Belanda yang didirikan pada tahun 1870. Gedung tersebut mulai digunakan pada 6 Maret 1961, sejak terbentuknya Satuan Cadangan Umum TNI AD (Caduad) – cikal bakal Kostrad. Bangunan ini digunakan sebagai Kantor Panglima Kostrad (Pangkostrad) pertama yaitu Mayjen TNI Soeharto.

“Dari gedung ini pulalah Operasi Trikora, Operasi Seroja dan Operasi Penumpasan PKI dilaksanakan,” ungkap Mayor Inf I Putu.

“Dengan berkunjung ke Museum Darma Bhakti Kostrad, diharapkan para pencinta Pahlawan Revolusi yang memang belum mengetahui tentang Kostrad akan menjadi tahu, karena dengan mengunjungi Museum Darma Bhakti Kostrad mereka dapat mengetahui sejarah panjang Kostrad dalam pengabdiannya kepada negara dan bangsa, serta menambah kecintaan dan kebanggaan menjadi Prajurit Kostrad,” tutup Mayor Inf I Putu. (Penkostrad).

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Haryantana, S.H.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized