Connect with us

Uncategorized

Prajurit Lanal Lhokseumawe Temukan Speed Boat Tak Bertuan di Perairan Kuala Peunaga Aceh

*Prajurit Lanal Lhokseumawe Temukan Speed Boat Tak Bertuan di Perairan Kuala Peunaga Aceh* Aceh Utara,- Atas laporan dari 2 (dua) orang masyarakat nelayan terkait adanya kapal yang mencurigakan, Prajurit Pos TNI AL Seruway Lanal Lhokseumawe berhasil menemukan satu unit kapal fiber jenis speed boat tak bertuan di Kuala Peunaga Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis (9/12/2021). Penemuan speed boat tak bertuan tindak lanjut laporan dari masyarakat nelayan yang datang ke Pos TNI AL Seruway, menanggapi laporan tersebut selanjutnya Danpos serta prajurit Pos TNI AL Seruway melaksanakan Patroli keamanan laut terbatas di Perairan Kuala Peunaga Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang. Dari hasil Tim patroli keamanan laut terbatas, prajurit Pos TNI AL Seruway berhasil menemukan 1 (satu) unit kapal Speed boat jenis fiber dengan 1 unit motor tempel yang dicurigai tertutup semak belukar serta ranting-ranting pohon kering yang disengaja untuk menyamarkan posisi kapal speed boat tersebut diatas lumpur dalam keadaan tidak bertuan. Setelah dilaksanakan pemeriksaan awal tidak ditemukan barang yang mencurigakan/barang terlarang, selanjutnya Danposal Seruway melaporkan temuan speed boat tersebut kepada Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah. Selanjutnya atas perintah Danlanal Lhokseumawe kepada Komandan Pos TNI AL Seruwey Pelda Marinir Supratman agar Tim Patroli keamanan laut terbatas membawa dan mengamankan kapal speed boat tersebut ke Pos TNI AL Seruwey yang berjarak 4 mil dari titik penemuan. Melihat bentuk speed boat dan mesin yang tidak lazim untuk digunakan nelayan Aceh dan tempat temuan yang mencurigakan, maka kuat dugaan speed boat tersebut terindikasi dipergunakan untuk hal-hal yang bersifat ilegal. Setelah barang temuan berupa 1 unit speed boat dengan panjang 8 meter dan lebar 2 meter serta menggunakan 1 unit motor tempel Merk Yamaha 200 PK, 8 jirigen kosong, maka sesuai tanggung jawab tugas Pangkalan TNI AL dalam menyelenggarakan penegakan hukum di laut, maka barang temuan harus dipastikan kepemilikannya untuk proses hukum lebih lanjut. Untuk proses lebih lanjut, Lanal Lhokseumawe mengamankan barang temuan tersebut di Pos TNI AL Seruway untuk menunggu kepastian kepemilikan sah speed boat tersebut. (Pen Lanal Lhokseumawe)Aceh Utara,- Atas laporan dari 2 (dua) orang masyarakat nelayan terkait adanya kapal yang mencurigakan, Prajurit Pos TNI AL Seruway Lanal Lhokseumawe berhasil menemukan satu unit kapal fiber jenis speed boat tak bertuan di Kuala Peunaga Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis (9/12/2021).

Penemuan speed boat tak bertuan tindak lanjut laporan dari masyarakat nelayan yang datang ke Pos TNI AL Seruway, menanggapi laporan tersebut selanjutnya Danpos serta prajurit Pos TNI AL Seruway melaksanakan Patroli keamanan laut terbatas di Perairan Kuala Peunaga Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang.

Dari hasil Tim patroli keamanan laut terbatas, prajurit Pos TNI AL Seruway berhasil menemukan 1 (satu) unit kapal Speed boat jenis fiber dengan 1 unit motor tempel yang dicurigai tertutup semak belukar serta ranting-ranting pohon kering yang disengaja untuk menyamarkan posisi kapal speed boat tersebut diatas lumpur dalam keadaan tidak bertuan.

Setelah dilaksanakan pemeriksaan awal tidak ditemukan barang yang mencurigakan/barang terlarang, selanjutnya Danposal Seruway melaporkan temuan speed boat tersebut kepada Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah.

Selanjutnya atas perintah Danlanal Lhokseumawe kepada Komandan Pos TNI AL Seruwey Pelda Marinir Supratman agar Tim Patroli keamanan laut terbatas membawa dan mengamankan kapal speed boat tersebut ke Pos TNI AL Seruwey yang berjarak 4 mil dari titik penemuan.

Melihat bentuk speed boat dan mesin yang tidak lazim untuk digunakan nelayan Aceh dan tempat temuan yang mencurigakan, maka kuat dugaan speed boat tersebut terindikasi dipergunakan untuk hal-hal yang bersifat ilegal.

Setelah barang temuan berupa 1 unit speed boat dengan panjang 8 meter dan lebar 2 meter serta menggunakan 1 unit motor tempel Merk Yamaha 200 PK, 8 jirigen kosong, maka sesuai tanggung jawab tugas Pangkalan TNI AL dalam menyelenggarakan penegakan hukum di laut, maka barang temuan harus dipastikan kepemilikannya untuk proses hukum lebih lanjut.

Untuk proses lebih lanjut, Lanal Lhokseumawe mengamankan barang temuan tersebut di Pos TNI AL Seruway untuk menunggu kepastian kepemilikan sah speed boat tersebut.

(Pen Lanal Lhokseumawe)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Nasional

BK KELAPA GADING DISKES LANTAMAL III JAKARTA TERUS VAKSIN WARGA Dispen Lantamal3,- Lantamal III Jakarta melalui Balai Kesehatan Kelapa Gading Diskes Lantamal III yang merupakan salah satu vaksinator tetap Lantamal III Jakarta diwilayah Jakarta Utara, dengan terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 kepada Masyarakat umum, Keluarga Besar TNI AL dan Militer,Kamis (12/05/2022). Lantamal III mempermudah pelayanan vaksinasi covid-19 khususnya yang berada di daerah kelapa gading dan sekitarnya. Dengan melayani vaksinasi lanjutan dosis 3 dengan suntik vaksin Astrazeneca dan sinovak berhasil memvaksin 13 orang Kegiatan ini sangat efektif dalam percepatan pemberian vaksin covid-19 sesuai perintah Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar seluruh Jajaran TNI AL melaksanakan serta mendukung program pemerintah dalam vaksinasi nasional guna membentuk Herd Immunity di masyarakat Indonesia dengan memberikan vaksin yang berkualitas secara gratis, aman dan halal dan aman. Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P.M.Tr. Opsla., CHRMP. mengatakan,” Kita sebagai salah satu unsur pelayanan di masyarakat, tidak akan berhenti disini saja dalam mendukung program pemerintah yang sangat positip ini, namun Lantamal III dan Jajarannya akan terus mengupayakan pelayanan-pelayanan vaksin gratis, aman dan halal diberbagai wilayah kerjanya dengan membuka gerai vaksin siaga yang berkualitas dan aman guna mengentaskas pemberian vaksin covid-19 yang bermutu,” ungkapnya.

More in Uncategorized