Connect with us

Nasional

TINGKATKAN KESADARAN DAN PEMAHAMAN HUKUM, KOLINLAMIL GELAR LATIHAN FUNGSIONAL HUKUM

Jakarta, 15 Juni 2022 ——- Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan latihan fungsional hukum Triwulan II tahun 2022 yang dilaksanakan di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (15/6). Latihan fungsi hukum yang dibuka oleh Asisten Operasi Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar ini akan berlangsung selama dua hari. Materi yang akan disampaikan adalah Pengantar Hukum Humaniter dan Pengenalan International Committee of the Red Cross (ICRC).

Asops Pangkolinlamil mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para prajurit prajurit Kolinlamil dalam bidang hukum perang meliputi pengantar hukum humaniter dan hak azasi manusia, hukum perang di laut (San Remo Manual) yang berlaku dalam operasi militer, dan pengenalan tentang ICRC. ICRC atau Komite Internasional Palang Merah merupakan organisasi netral dan mandiri yang bertujuan untuk menjamin perlindungan dan bantuan kemanusiaan bagi korban bersenjata dan situasi kekerasan lainnya.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma melalui Asisten Operasi Panglima Kolinlamil menyampaikan bahwa latihan fungsional hukum ini sangat berguna bagi prajurit Kolinlamil dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuannya di bidang hukum perang dan hak asasi manusia. Oleh karena itu para peserta latihan hendaknya memanfaatkan waktu yang singkat ini dengan sebaik-baiknya, untuk menelaah materi dan pembekalan yang diberikan oleh para penyampai materi dalam upaya meningkatkan kemampuan di bidang hukum humaniter.

Sesuai penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono bahwa membangun sumber daya manusia yang unggul dan professional serta tangguh menghadapi segalam ancaman adalah tanggung jawab bersama. Dan hal itu dapat diawali dengan penyelenggaraan latihan di tiap-tiap Kotama atau Satuan Kerja TNI AL. (Dispen Kolinlamil)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Nasional