Connect with us

Uncategorized

TNI AL KERAHKAN DUA ALUTSISTA PADA LATMA MILAN 2024 DI INDIA

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 15 Februari 2024 — TNI Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan dua alutsista kebanggannya yaitu KRI Sultan Iskandar Muda-367 (KRI SIM-367) dan Helikopter Panther HS-1303 untuk mengikuti Latihan Bersama (Latma) Multilateral Naval Exercise MILAN 2024. Kegiatan berlangsung mulai tanggal 19 – 27 Februari 2024 di Visakhapatnam dan Teluk Benggala, India.

Latma MILAN merupakan latihan bersama multilateral yang dilaksanakan setiap dua tahun antara Indian Navy dengan negara-negara sahabat sejak tahun 1995, yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan profesionalisme militer serta menambah pengetahuan dan pengalaman dalam melaksanakan Operasi Laut melalui Latihan Multilateral yang berskala besar di laut.

Latma MILAN tahun 2024 akan diikuti oleh 47 negara sahabat atau Friendly Foreign Countries (FFC) yang terbagi dalam dua tahap, yakni tahap darat (Harbour Phase) pada tanggal 19-23 Februari 2024 dan tahap manuver laut (Sea Phase) di Perairan Teluk Benggala pada tanggal 24-27 Februari 2024.

KRI SIM-367 dan Helikopter Panther HS-1303 di bawah pimpinan Dansatgas Latma MILAN 2024 TNI AL, Letkol Laut (P) Mochamad Fuad Hasan, S.E., MMDS., melaksanakan berbagai aktivitas selama perjalanan lintas laut (linla) dari Pangkalan Surabaya menuju Visakhapatnam, India, dalam rangka persiapan mengikuti Latma tersebut.

Aktivitas yang dilaksanakan antara lain latihan Gunnex, ADEX, CASEX, Pengendalian Helikopter, dan Peran Penyelamatan Kapal. Selain itu, selama linla juga dilaksanakan latihan kesenian Tari Saman dan Jaranan yang rencananya akan ditampilkan oleh para prajurit KRI SIM-367 pada saat penyelenggaraan Latma tersebut.

Berbagai aktivitas latihan dan kesenian tersebut dilaksanakan dalam rangka mempertahankan kemampuan dan profesionalisme sebagai prajurit matra laut sekaligus dalam upaya mengemban misi diplomasi TNI AL di kancah dunia dengan menampilkan berbagai budaya dan kesenian Nusantara dalam suatu kegiatan yang bersifat global.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan bahwa keterlibatan TNI AL dalam Latma ini merupakan salah satu program TNI AL dengan Indian Navy dalam rangka meningkatkan profesionalisme, mempererat hubungan kerja sama, dan secara eksternal memiliki tujuan untuk meningkatkan peran diplomasi TNI AL. Kasal menekankan kepada seluruh prajurit Jalasena untuk senantiasa memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan serta menjaga nama baik TNI, khususnya TNI AL, bangsa, dan negara.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized