Connect with us

Uncategorized

Bentuk Kepercayaan Diri dan Jiwa Kemaritiman Generasi Muda, TNI AL Pilih Putera-Puteri

Bentuk Kepercayaan Diri dan Jiwa Kemaritiman Generasi Muda, TNI AL Pilih Putera-Puteri Maritim Indonesia Tahun 2023

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 28 November 2023—Terwujudnya Indonesia sebagai negara maritim yang kuat, maju dan mandiri haruslah didukung oleh kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan profesional terutama bagi generasi muda.

TNI Angkatan Laut (TNI AL) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Dewan Kelautan Indonesia menyelenggrakan Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia Tahun 2023 yang dibuka secara langsung oleh Komandan Batalyon (Danyon) Infanteri 2 Marinir Letnan Kolonel Marinir Dadang Widyanto, M.Tr.Opsla., bertempat di Batalyon Infantri 2 Pasopati, Bhumi Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (26/11) lalu.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-5 PPMI Tahun 2023 dimana sebelumnya sempat terhenti selama 3 tahun karena pandemi Covid-19. Dengan mengusung tema “Peran Pemuda dalam Kemajuan Teknologi dan Kelestarian Lingkungan Maritim”, pelaksanaan karantina Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia 2023 merupakan suatu rangkaian kegiatan pembinaan dalam rangka meningkatkan kompetensi yang mengarah pada peningkatan mutu pemuda dan pemudi bangsa agar lebih handal dan professional terutama di bidang kepemimpinan dan kemaritiman

“Disamping itu pemilihan ini juga semoga dapat memberikan makna lain yaitu membangkitkan rasa percaya diri, kejujuran jiwa korsa dan setia kawan yang dilandasi oleh sikap disiplin,” ujar Letkol Mar Dadang Widyanto.

Lebih lanjut Danyon Infanteri 2 Marinir juga menekankan dalam sambutannya bahwa walaupun kegiatan ini hanya dilaksanakan dalam waktu yang relatif singkat, semoga seluruh peserta tetap dapat mengikuti pemilihan ini secara bersungguh-sungguh dengan didasari semangat berlatih untuk selalu berusaha memahami dan mengikuti setiap materi yang diberikan, agar dapat membentuk kepribadian dan mental yang tangguh menjadi Putera-Puteri Maritim Indonesia Tahun 2023.

Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia Tahun 2023 dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 26 November sampai dengan Grand Final pada 5 Desember 2023. Kegiatan ini diikuti 65 peserta perwakilan terbaik dari setiap wilayah di seluruh Indonesia. Mereka akan diberikan pembekalan dasar-dasar kemiliteran, dan pengetahuan tentang kemaritiman, kepariwisataan, ilmu komunikasi dan informasi, public speaking, table manner, beauty class, tata kelola lingkungan hidup, serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Terlaksananya kegiatan Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia Tahun 2023 adalah penyamaan visi dari TNI AL dalam mencapai program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama generasi muda penerus bangsa yang profesional, tangguh, dan paham tentang kemaritiman karena Indonesia merupakan negara maritim yang harus terus dijaga kelestariannya.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized