Connect with us

Uncategorized

JANGAN SEKALI-KALI MELUPAKAN SEJARAH, KOWAL WILAYAH JAKARTA LAKSANAKAN ZIARAH KE TMPN KALIBATA

Berita Kolinlamil TNI AL, 3 Januari 2024 ——- “Jas merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah”, sebuah kalimat yang diucapkan oleh Presiden pertama RI Ir. Soekarno memiliki makna yang sangat dalam dimana suatu bangsa akan menjadi besar bilamana mampu mengambil pelajaran dari sejarah bangsanya dan menjadikan pahlawan bangsa sebagai suri tauladan dan kehidupan berbangsa dan bernegara bagi rakyatnya. Sebagai bentuk penghormatan dan mengenang jasa para pahlawan yang telah memberikan dharma bakti kepada bangsa dan negara, Laksma TNI Damayanti yang sehari-hari menjabat sebagai Inspektur Komando Lintas Laut Militer memimpin prajurit Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) wilayah Jakarta untuk melaksanakan ziarah di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (3/1). Kegiatan ziarah ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-61 Kowal.

Kegiatan yang dilaksanakan di bawah rintik hujan tidak menyurutkan langkah Srikandi Laut untuk memberikan penghormatan kepada para pahlawan kusuma bangsa. Pelaksanaan ziarah memperingati HUT ke-61 Korps Wanita Angkatan Laut merupakan salah satu bentuk cinta tanah air dan bangsa sekaligus memelihara semangat juang dan jiwa korsa dalam pengabdiannya kepada TNI, bangsa dan negara. Ziarah di TMPN diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta dan dilanjutkan dengan tabur bunga di makam para pahlawan seperti Laksamana TNI (Anumerta) Raden Eddy Martadinata, Letkol Laut (Purn) Barnetje Tuegeh, Sersa Dua KKO (Anumerta) Usman Jannatin bin H. Muhammad Ali, Ibu Hasri Ainun Habibie dan Ibu Kristiani Herrawati Yudhoyono.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j) M.A., M.M.S., CHRMP di tempat terpisah mengatakan bahwa ziarah ke Taman Makam Pahlawan dilaksanakan bukan sekedar tradisi atau rutinitas semata untuk memperingati suatu moment. Lebih dari itu, ziarah ke TMP adalah bentuk penghormatan dan rasa terima kasih kepada pahlawan yang telah mendarmabaktikan jiwa raganya dan rela berkorban demi kejayaan bangsa dan negara. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

Dalam rangka peringatan HUT ke-61 Kowal berbagai kegiatan telah dilaksanakan, diantaranya adalah bakti sosial, lomba ketangkasan prajurit Kowal seperti lomba menembak, bongkar pasang senjata, renang estafet militer dan yel-yel. Puncak peringatan akan dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2024 dengan digelar acara tasyakuran yang dilaksanakan Mabes TNI AL Cilangkap. (Dispen Kolinlamil)

tniprima

kasal

tni_angkatan_laut

jalesvevajayamahe

indonesiannavy

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized