Connect with us

Uncategorized

Koarmada RI Gelar Peringatan Hari Armada Tahun 2023

Koarmada RI Gelar Peringatan Hari Armada Tahun 2023

TNI Angkatan Laut, Koarmada RI, Jakarta 5 Desember 2023

Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI) menggelar puncak Peringatan Hari Armada RI, yang pelaksanaannya dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, bertempat di Komplek Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara. Selasa 5 Desember 2023. Kegiatan ini mengusung tema “Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju”.

Pada kesempatan tersebut, Kasal dalam sambutannya mengatakan perlu dilakukan upaya pembinaan kemampuan dan pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut secara holistik. Hal ini mencakup pemenuhan dan modernisasi alat utama sistem senjata (Alutsista), peningkatan fasilitas pendukung operasi, serta pengembangan manajemen operasi dan dukungan logistik terutama pendidikan dan pelatihan guna mewujudkan prajurit yang profesional.

Ditambahkan, keberadaan Armada RI yang handal tidak hanya sebagai simbol kekuatan, tetapi untuk menunjukkan komitmen TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan peran diplomasi pemerintah guna mewujudkan perdamaian dunia.

Sebelum mengakhiri amanatnya Kasal menekankan “Saya ingatkan di tahun politik ini, peran Armada RI sangat penting dalam mendukung proses kelancaran pesta demokrasi di tanah air. TNI Angkatan Laut tidak hanya sebagai penjaga laut, namun punya peran untuk memelihara ketertiban dan keamanan nasional serta berperan aktif memastikan pemilihan umum (Pemilu) berjalan jujur dan adil. Alutsista Armada RI harus siap membantu pemerintah dalam pengamanan dan distribusi logistik Pemilu sampai dengan pulau-pulau terpencil dan terluar”.

Pada puncak peringatan Hari Armada RI yang dilaksanakan dengan upacara parade militer ini, juga dilaksanakan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Kesetiaan, Penganugerahan Kenaikan Pangkat Luar Biasa dan Penganugerahan Bendera Artileri kepada Prajurit dan KRI Berprestasi.

Pada kegiatan tersebut, juga dilaksanakan parade dan defile pasukan, demonstrasi kecakapan prajurit TNI Angkatan Laut dan hiburan pentas kesenian tradisional dan nyanyian lagu nusantara yang mewakili Armada RI, Armada I, II dan III, serta panggung hiburan prajurit.

Saat ini Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) dijabat oleh Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto. Koarmada RI yang berkedudukan di Jakarta membawahi tiga Armada bernomor yaitu Koarmada I yang berkedudukan di Tanjung Pinang dijabat oleh Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono sebagai Pangkoarmada I, Koarmada II yang berkedudukan di Surabaya dijabat Laksda TNI Yayan Sofiyan sebagai Pangkoamada II, sedangkan Koarmada III yang berkedudukan di Sorong dijabat oleh Laksamana Muda TNI Hersan sebagai Pangkoarmada III.

Pembentukan Armada RI, berdasarkan SK KSAL No. A. 4/2/10 tanggal 14 September 1959 ditetapkan berdirinya organisasi Komando Armada ALRI, yang diresmikan pembentukannya pada tanggal 5 Desember 1959 oleh KSAL Komodor Laut R.E. Martadinata. Selanjutnya setiap tanggal 5 Desember diperingati sebagai “Hari Armada RI”.

Demikian berita Dispen Koarmada RI.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized