Connect with us

Uncategorized

Kodim 0505/Jakarta Timur Gelar Latihan Terintegrasi Pengamanan Pilkada TA.2024

Kodim 0505/Jakarta Timur Gelar Latihan Terintegrasi Pengamanan Pilkada TA.2024

Kodam Jaya, Jakarta Timur – Personel gabungan TNI-Polri dan Satpol PP mengikuti Apel Gelar Pasukan dalam rangka Latihan Terintegrasi Pengamanan Pilkada Serentak 2024 di wilayah Kodim 0505/JT. Bertempat di Lapangan Apel Kantor Walikota Administrasi Jakarta Timur, Jumat (12/01/24).

Kegiatan latihan Pengamanan Pilkada itu bertujuan untuk mengecek kesiapan satuan jajaran Korem 051/Wkt dan latihan kesiapan pengamanannya dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak 2024. Termasuk kesiapan personel dan alat utama Pengamanan Huru-hara (PHH).

“Penyampaian Dandim 0505/JT yang di wakili Danramil 02/Matraman Mayor Arm Ahmad Budiman,S,So,M,Si, Latihan terintegrasi Pengamanan Pilkada ini untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Prajurit Komando Kewilayahan (Koramil, Kodim), Satuan Satpur, Banpur Jajaran Kodam Jaya serta satuan Polres Metro Jakarta Timur beserta jajarannya dan Brimobda Polda Metro Jaya, serta kemampuan maupun segenap unsur pendukungnya, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan dalam emergency wilayah, Apkowil, Satpur , Banpur Jajaran Kodam Jaya siap untuk digerakkan dan mampu mengatasi dengan sigap dan cepat sesuai dengan dinamika yang terjadi di wilayah.

“Lanjut Mayor Arm Ahmad, Amanah dan Kepercayaan dalam melaksanakan tugas pengamanan Pilkada Serentak 2024 nanti benar-benar dapat dipersiapkan sebaik mungkin dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab baik personal maupun Satkowil.

Pada kesempatan tersebut, Mayor Arm Ahmad juga mengingatkan pentingnya Sinergitas antara TNI-Polri dan Pemerintah Daerah sebagai landasan utama dalam menjaga kondusivitas wilayah. Kolaborasi yang harmonis antar lembaga ini, menurutnya menjadi kunci keberhasilan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024.

“Oleh karena itu ia menegaskan, setiap unsur pengamanan yang terlibat harus meningkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan, sehingga dapat mengantisipasi setiap ancaman dan gangguan yang terjadi,

Pada pelaksanaan latihan puncak ini, sebelum nya selama 4 (empat) hari diberikan berbagai materi, mulai dari teori hukum dan humaniter, prosedur dan mekanisme permintaan dan pemberian bantuan kepada Pemda dan Polri. Kemudian teknik penanganan konflik, pengendalian masyarakat, serta pengamanan obyek vital.

Melalui latihan Pengamanan Pilkada yang dilaksanakan, harapan kita para personel yang terlibat mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dilapangan selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 mendatang. Disampjng itu ia juga menekankan agar setiap prajurit dapat terus memegang teguh dan Netralitas TNI.

“Pahami betul arti dari Netralitas TNI dan terapkan dengan baik untuk terus menjaga integritas, citra dan kehormatan TNI agar tetap dicintai rakyat, pungkasnya.

Sumber Kodim 0505/Jakarta Timur

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized