Connect with us

Uncategorized

LANTAMAL III JAKARTA LAKSANAKAN LATIHAN PHH KESIAPAN PENGAMANAN PEMILU TAHUN 2024

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Lantamal III Jakarta Letkol Marinir Ahmad Supriyadi, M.Tr.Opsla. melaksanakan latihan penanggulangan huru-hara (PHH) kesiapan pengamanan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 bertempat di lapangan apel Mako Lantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Rabu (10/01/2024).

Danlantamal III Jakarta di tempat terpisah mengatakan “Penanggulangan huru-hara adalah merupakan salah satu kegiatan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) TNI dalam mengantisipasi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan untuk membantu memulihkan ketertiban jika dibutuhkan. PHH adalah rangkaian kegiatan, proses atau cara dalam menghadapi terjadinya kerusuhan massa atau huru-hara guna memelihara keamanan, ketertiban masyarakat dan penegakan hukum. Laksanakan latihan PHH dengan sungguh-sungguh sehingga apabila dihadapkan dengan situasi yang sebenarnya di lapangan sudah siap dan mampu menghadapi dengan cara yang humanis dan persuasif”.

Selanjutnya Danlantamal III Jakarta menjelaskan “Latihan PHH ini adalah untuk melihat kemampuan, menguji kesiapsiagaan dan meningkatkan profesionalisme prajurit Lantamal III Jakarta agar tidak ragu-ragu dalam bertindak sesuai standar operasional prosedur (SOP) untuk menghadapi dan melaksanakan tahapan-tahapan penanggulangan potensi terjadinya kerusuhan massa. Laksanakan komunikasi dan negosiasi sebaik-baiknya dengan kelompok massa yang sedang melakukan aksinya secara persuasif, humanis dan kekeluargaan. Jangan mudah terpancing emosi dan tetap menahan diri menghadapi sikap dan perilaku massa yang melakukan aksi unjuk rasa”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized