Connect with us

Uncategorized

Pangkoarmada RI Ikut Melepas Keberangkatan KRI Rajiman Wedyodiningrat Muhibah ke Mesir

TNI Angkatan Laut, Koarmada RI, Jakarta 18 Januari 2024.

Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., ikut melepas keberangkatan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 muhibah ke Mesir, yang secara resmi diberangkatkan Menteri Pertahanan RI (Menhan RI) Prabowo Subianto dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M. dari dermaga Mako Kolinlamil, Jakarta, Kamis (18/1).

Unsur TNI AL yaitu KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 dan prajurit Jalasena yang tergabung dalam Satgas Muhibah atau Port Visit ke Mesir 2024, salah satunya mengemban misi membawa bantuan kemanusiaan untuk korban perang di Palestina. KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 nantinya akan menempuh rute Jakarta – Belawan – Al Arish – Jeddah – Batam dan kembali lagi ke Jakarta yang akan ditempuh sekitar 52 hari.

Seperti diketahui, TNI AL telah mengumpulkan bahan bantuan dari masyarakat Indonesia untuk masyarakat sipil di Gaza sejak awal November 2023 lalu. Pemberian bantuan tersebut terpusat di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta, dan Komando Armada II (Koarmada II) Surabaya.

Bantuan kemanusiaan yang dibawa KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, antara lain berupa, bahan makanan, selimut, pakaian, perlengkapan bayi, pakaian wanita, susu, tenda lapangan, perlengkapan kebersihan, air mineral, perlengkapan ibadah, dan lain sebagainya.

Bantuan ini diberangkatkan menuju Pelabuhan Al Arish di Mesir untuk selanjutnya disalurkan ke korban konflik Gaza oleh otoritas yang berwenang seperti halnya Egypt Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir).

Demikian berita Dinas Penerangan Koarmada RI.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized