Connect with us

Uncategorized

Pangkoarmada RI Saksikan Kasal Terima Gelar Kehormatan Dari Sultan Ternate

Pangkoarmada RI Saksikan Kasal Terima Gelar Kehormatan Dari Sultan Ternate

TNI Angkatan Laut, Koarmada RI, Ternate 13 Desember 2023

Panglima Komando Armada Repu blik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksdya TNI Heru Kusmanto turut menyaksikan dan mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menerima gelar kehormatan sebagai Sangaji Ori Ma Ahi Malamo atau Penguasa Laut Besar oleh Sultan Ternate ke-49 Hidayatullah Sjah dari Kesultanan Ternate, bertempat di kedaton Ternate Maluku Utara dan disaksikan segenap perangkat adat Kesultanan Ternate, Selasa 12 Desember 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Kasal dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas penganugerahan gelar adat yang telah diberikan Sultan Ternate. Menurut Kasal, penganugerahan gelar sebagai Kapita Ori Ma Ahi Malamo atau Penglima Perang Penguasa Laut terbesar merupakan satu amanah sekaligus tanggungjawab yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya.

Kasal juga mengatakan bahwa Kesultanan Ternate merupakan kerajaan Islam tertua di Indonesia dan Kesultanan Ternate memiliki peran penting diwilayah timur Nusantara, bahkan pada abad ke-18 Kesultanan Ternate pernah menikmati kegemilangan berkat pergudangan rempah-rempah dan kekuatan maritimnya. “Hal tersebut harus menjadi motifasi besar bagi seluruh masyarakat Ternate untuk dapat terus memajukan pembangunan di Ternate khususnya pada sektor kemaritiman sehingga mampu menunjang pembangunan Nasional Indonesia,” kata Kasal.

Sementara itu, Sultan Ternate ke-49 Hidayatullah Sjah mengatakan bahwa penganugerahan gelar adat dari kesultanan Ternate ke TNI Angkatan Laut merupakan penganugerahan yang kedua setelah kepada Laksamana TNI Yudo Margono. “Semoga dengan penganugerahan ini, apa yang menjadi cita-cita kita dapat tercapai, dan kami dari Kesultanan Ternate senantiasa mendoakan agar karirnya ditinggikan oleh Allah selepas dari kadatong Ternate,” kata Sultan Ternate.

Hadir pada acara tersebut, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali, Ketua Gabungan Jalasenastri Armada RI Ny. Yayuk Heru Kusmanto, para pengurus Jalasenastri Pusat dan Daerah, para pejabat TNI Angkatan Laut, segenap perangkat Kesultanan Ternate dan tamu undangan.

Demikian berita Dispen Koarmada RI.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized