Connect with us

Uncategorized

Pencanangan Urban Farming Oleh Kodim 0505/JT Dukung Ketahanan Pangan Wilayah

Pencanangan Urban Farming Oleh Kodim 0505/JT Dukung Ketahanan Pangan Wilayah

Kodim 0505/Jakarta Timur – Guna meningkatkan ketahanan pangan wilayah binaan Teritorial, Dandim 0505/Jakarta Timur Letkol Arm Suyikno,S,Sos,M,Si, mengkordinir kegiatan pencanangan penanaman pohon produktif dan sayur-sayuran yang di kerjakan oleh Koramil 01/Jatinegara s.d Koramil 08/Duren Sawit, kegiatan pencanangan terpusat di Pendopo Taman Pertamina KUD Laut jln. Nibung RT.1/18, Cipinang, Pulogadung, Jumat (24/11/23).

“Penyampaian Letkol Arm Suyikno, S,Sos,M,Si, Urban farming adalah praktik bercocok tanam dan peternakan yang dilakukan di lingkungan perkotaan. Praktik ini mencakup berbagai kegiatan seperti menanam sayuran, buah-buahan, bunga, dan bahkan beternak hewan, semuanya dilakukan di dalam kota, seperti di RW.18 Kelurahan Cipinang ini, guna mendukung ketahanan pangan warga setempat dengan memanfaatkan lahan kosong yang ditanami berbagai jenis pohon produktif dan sayur-sayuran.

Pemanfaatan lahan kosong seluas 2000 M2 yang dikerjakan oleh Koramil 04/Pulogadung ini yang di Komandoi Danramil Kapten Inf Susanto, Bati Tuud Serka Nanang Rahmadi, para Babinsa bersama pengurus RT/RW.18 tingkat Kelurahan Cipinang, adapun yang ditanam Babinsa bersama pengurus RT/RW.18 ini menanam berbagai jenis Pohon Produktif dan Sayur-sayuran dengan media yang ditanam langsung di tanah yang telah digemburkan dengan pupuk UPK dan juga dengan media tempat Polibek, Pot bunga. adapun sayuran yang ditanam berupa, Cabe, terong, kangkung, bayam, labu madu, kangkung dan Pohon produktif yakni Jeruk Nipis, Jambu Biji, Kedondong, Anggur, Pepaya, Singkong, Mangga, alpukat, klengkeng dan Tebu.

Selain Penanaman beberapa jenis bahan sayuran dan pohon produktif ini, dibawah pendopo juga dibuat budidaya ikan Emas dan Mujair Nila, kegiatan ini merupakan bentuk upaya ketahanan pangan yang dilakukan oleh Koramil Pulogadung bersama Ketua RW.18 Sutanto, Ketua RT.1 Dasuki dan Ibu-ibu Dasawisma Cipinang dengan cara memanfaatkan lahan kosong ditengah perkotaan. Selain mewujudkan ketahanan pangan di lokasi padat penduduk dengan penanaman pohon produktif juga dapat mempercantik dan memperindah lingkungan sekitar lokasi Pendopo RW.18 Cipinang.

“Warna hijau dilokasi penanaman Pohon Produktif dan berbagai jenis sayur-sayuran menjadi penyejuk mata. Hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi warga masyarakat Cipinang Pulogadung dan perangkat PKK tiap-tiap Kelurahan dapat melakukan hal yang sama dengan memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman yang bermanfaat, sehingga warga dapat menikmati hasil dari Tanaman tersebut di kemudian hari.

Hadir Giat Urban Farming Dandim 0505/Jakarta Timur, Letkol Arm Suyikno.S.Sos,M.Si, Kasdim 0505/Jakarta Timur.Letkol Inf Ali Cahyono, S.kom,M.Tr.(Han), Danramil Pulogadung Kapten Inf Susanto, Kapolsek Pulogadung Kompol Sutrisno, S.H., M.H, Camat Pulogadung Syafrudin Chandra, Lurah Cipinang Watini SE.M,Si, Ketua RW.18 Sutanto S.Sos, Perangkat pengurus PKK dan Ibu-ibu Dasawisma.

*Sumber Kodim 0505/Jakarta Timur*

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized