Connect with us

Uncategorized

TNI AL – USMC Marforpac Latihan Serangan Raid pada Latma Keris Marex Tahun 2023

TNI AL – USMC Marforpac Latihan Serangan Raid pada Latma Keris Marex Tahun 2023

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 7 Desember 2023 — Prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Korps Marinir TNI AL bersama prajurit United States Marines Corps (USMC) dari The U.S. Marine Corps Forces, Pacific (Marforpac) yang terlibat dalam latihan bersama (Latma) dengan tajuk Keris Marine Exercise (Marex) Tahun 2023, berlatih serangan Raid di Puslatpurmar 6 Antralina, Jampang Tengah, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (06/12).

Serangan Raid merupakan sebuah serangan terhadap musuh yang dilakukan pada malam hari yang memanfaatkan kelengahan musuh untuk melakukan serangan kejutan yang sangat cepat, tepat dan rahasia.

Pada latihan ini diskenariokan wilayah Jampang Tengah telah menjadi tempat berkumpulnya Gerakan Pengacau Keamanan (GPK) yang menamai kelompok mereka Gerakan Jampang Merdeka (GJM). Dalam simulasi tersebut, para GPK sedang melaksanakan briefing di rumah salah satu partisan GJM.

Menyikapi kejadian tersebut, prajurit yang tergabung dalam Latma Keris Marex Tahun 2023 langsung merespon kegiatan tersebut dengan melaksanakan serangan Raid. Dengan tingkat kerahasiaan yang tinggi, para prajurit Marinir dari kedua negara tersebut berhasil masuk ke dalam lokasi briefing para GJM dan berhasil melumpuhkan beberapa partisan GJM dan mengamankan beberapa dokumen penting.

Dansatgas Latma Keris Marex Tahun 2023 Letkol Marinir Arief Bastian Chaniago menyampaikan bahwa kegiatan ini berguna untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan tempur prajurit Korps Marinir pada tingkat perorangan sampai dengan peleton.

“Latihan ini juga berfungsi untuk pertukaran ilmu tentang Raid versi Korps Marinir TNI AL dan versi USMC, sehingga bila ada perbedaan kemudian didiskusikan bersama di lapangan dan hasil dari diskusi tersebut akan dipakai sebagai bahan acuan untuk latihan berikutnya”, ungkap Letkol Marinir Arief Bastian Chaniago.

Latma Keris Marex Tahun 2023 sebagai langkah untuk meningkatkan kemampuan personel TNI AL dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks selaras dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali yaitu TNI AL memfokuskan diri untuk mencapai kekuatan yang siap dioperasionalkan dalam bentuk kesiagaan dan kesiapan yang tinggi.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized