Connect with us

Uncategorized

STMU HIMPUNI, Ketua IKA UT Jenderal TNI (Purn) Dr. Dr (H.C) H Moeldoko, S.Ip. M.Si Menugaskan KRT. Drs. H Leles Sudarmanto Dipuro MM, MBA

Alumni Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Indonesia terdiri atas warga negara yang memperoleh kesempatan berharga mengenyam pendidikan tinggi negeri di tanah air. Sehingga melekat tanggungjawab yang besar sebagai kaum intelektual. Dan pada Jumat 12 hingga 14 Januari 2024, HIMPUNI menggelar Sidang Tahunan Majelis Umum (STMU) 2024. dengan mengambil tempat di Hotel Savoy Homan, Bandung.

Organisasi Alumni ini tergabung dalam Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (HIMPUNI). Salah satu dari Organisasi Alumni tersebut adalah Ikatan Alumni Universitas Terbuka, dengan Ketua IKA UT Jenderal TNI (Purn) Dr. Dr (H.C) H Moeldoko, S.Ip. M.Si yang juga saat ini menjabat Kepala Staf Kepresidenan Indonesia, dengan mewakilkan Sekjen IKA UT, KRT. Drs. H Leles Sudarmanto Dipuro MM, MBA. Yang juga duduk sebagai Dewan Pleno Sidang Tahunan Majelis Umum HIMPUNI 2024.

Ketua Ikatan Alumni Universitas Terbuka Jendral (Purn) Dr.Dr(H.C) Moeldoko,S.I.P.,M.Si disamping menugaskan Sekjen IKA UT Drs. Leles Sudarmanto,MBA juga Ketua I Dr.Tabhita Sri Hartini,S.Si.,M.M untuk hadir dalam STMU HIMPUNI 2024 Serta menugaskan Dwi Ariyanti,S.S.,S.I.Kom dan Anna Balqish,S.I.Kom untuk menjadi bagian dari panitia STMU HIMPUNI 2024.

Sementara Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA UNPAD) sebagai host kegiatan ini diwakili oleh Ketua Umum IKA UNPAD, sekaligus Sekretaris Jenderal (Sekjen) HIMPUNI, Irawati Hermawan. Kegiatan dibuka oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin.

Dalam sambutannya, Koordinator Presidium HIMPUNI, Sutopo Kristanto menguraikan, bahwa salah satu tugas HIMPUNI adalah mencerdaskan dan mengantarkan Indonesia menuju Bangsa Pemenang yang maju dan berperadaban, berkeadilan dan berkemakmuran, serta bermartabat di dunia. HIMPUNI memiliki peran strategis untuk berkontribusi dalam memecahkan masalah di masyarakat, bangsa, dan negara.

Dimana Sidang Umum STMU 2024 kali kedua dari kepengurusan periode 2022 – 2025. STMU 2024 berlangsung di Hotel Savoy Homann, Bandung dengan tema “ HIMPUNI Berkomitmen Penuh Menuju Indonesia Emas 2045.

Majelis Umum merupakan organ tertinggi yang menentukan arah dan kebijakan HIMPUNI. Majelis Umum juga bertugas menyampaikan rencana strategis HIMPUNI melalui STMU. Anggota Majelis Umum adalah seluruh Ketua Umum Organisasi Alumni (OA) Anggota HIMPUNI, yang sampai saat ini beranggotakan 51 OA. Menjadi salah satu dari 51 OA yang bergabung dalam HIMPUNI IKA UT Berberan aktif salah satunya menjadi Juara I Best Costume Tradisional Dress oleh Ketua I IKA UT Dr.Tabita Sri Hartini,S.Si.,M.M.

Dalam STMU terdapat tiga komisi yakni Komisi A yang membahas tentang organisasi HIMPUNI, Komisi B tentang program kerja, dan Komisi C tentang rekomendasi. Tiga komisi ini akan dibahas dalam STMU 2024 dengan melibatkan seluruh OA anggota HIMPUNI. Sekjen IKA UT berkesempatatan untuk menjadi Anggota Pimpinan Sidang yang dipimpin oleh Ketua ILUNI UI Didit Ratam.

Pada kesempatan ini, HIMPUNI menandatangani Nota Kesepahaman dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana. Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Termasuk menjalankan amanah kepada almamaternya sebagai pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu bidang Pengabdian kepada masyarakat. Dalam hal ini Sekjen IKA UT menyampaikan bahwa IKA UT dapat berkontribusi secara maksimal dengan adanya IKA UT Wilayah di 40 Daerah dalam dan luar negeri dalam mendukung program HIMPUNI dan BNPB menjadi tim tanggap becana.

Rangkaian STMU 2024 juga mendeklarasikan Pemilihan Umum (Pemilu) yang damai dan berkualitas. Ketua Panitia Pelaksana, Andi Azwan berharap, seluruh OA anggota HIMPUNI bisa memberikan partisipasi dan kontribusi dalam pembangunan Bangsa. HIMPUNI sebagai wadah yang relevan untuk menjangkau seluruh penjuru nusantara dan mancanegara dalam mendeklarasikan Pemilu damai berkualitas.

HIMPUNI juga menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, keilmuan, kesetaraan, kebhinnekaan, kesetiakawanan, dan keprofesionalan, sehingga mampu melahirkan gagasan yang mendasar, konstruktif, kreatif, dan inovatif.

Menjadikan HIMPUNI sebagai organisasi alumni PTN yang handal dan menjadi wadah unggul sebagai sarana pengabdian bagi bangsa dan negara. Sesuai dengan misi HIMPUNI yakni meningkatkan potensi OA yang tergabung dalam HIMPUNI secara berkesinambungan; Membangun sinergitas antara HIMPUNI dengan pemerintah untuk kepentingan bangsa dan Negara; Membangun kemitraan dengan berbagai pihak dalam rangka pengabdian alumni; dan Membangun tata kelola HIMPUNI yang akuntabel dan transparan.

Merealisasikan misi tersebut, HIMPUNI menggagas beberapa program kerja. Pertama, dengan berkontribusi menuntaskan masalah sosial dan kemasyarakatan melalui pengentasan stunting. Kedua, membawa persamaan dan kemajuan sahabat disabilitas. Ketiga, membangun kepedulian dan tanggap kebencanaan. Keempat, meningkatkan kesetaraan pendidikan melalui Pendirian Perguruan Tinggi HIMPUNI. (Red).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized